Identifikasi Pola Enamel Gigi Menggunakan Metode Histogram Of Oriented Gradient (hog) Dan Self-organizing Maps (som) Sebagai Aplikasi Di Bidang Forensik Kedokteran Gigi

Hasna Nur Afina, Bambang Hidayat, Yuti Malinda

Abstract

Ilmu forensik yang sudah sering digunakan dalam identifikasi individu di Indonesia adalah sidik jari. Namun pada kondisi tertentu pola sidik jari akan tidak layak dan sulit untuk dilakukan pengidentifikasian. Pada perkembangan ilmu forensik kedokteran gigi, email gigi memiliki pola menyerupai pola sidik jari, sehingga dapat digunakan sebagai identifikasi individu yang validitas individu tinggi dan dapat diandalkan. Hal yang menguntungkan mengidentifikasi menggunakan email gigi antara lain : tahan terhadap proses pembusukan, tahan dengan panas, bentuknya jelas dan mudah dikenali, terlindungi oleh bibir dan pipi.

 

Penelitian ini membahas mengenai teknik untuk mengidentifikasi pola email gigi dengan menggunakan image processing. Metode ekstraksi ciri yang digunakan adalah Histogram of Oriented Gradient (HOG) dan proses klasifikasi menggunakan metode Self Organazing Maps (SOM). Pada prosesnya terdapat 4 tahap utama yaitu akuisisi citra, preprocessing, ekstraksi ciri, dan klasifikasi. Penelitian ini diharapkan dapat membantu ilmu forensik kedokteran gigi menggunakan suatu aplikasi berbasis Matlab yang dapat melakukan proses identifikasi individu.

 

Parameter yang diukur adalah tingkat akurasi dan waktu komputasi. Dengan 100 sampel citra latih dan 200 citra uji, kolaborasi dari metode HOG dan klasifikasi SOM sistem yang dikembangkan sudah mampu melakukan identifikasi enamel rod dan mendapatkan performansi terbaik 79.5% dengan waktu komputasi rata-rata 27.73 detik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0