Klasifikasi Kanker Usus Besar Menggunakan Metode K-nearest Neighbor (k-nn)

Ocky Tiaramukti, Ratri Dwi Atmaja, R Yunendah Nur Fuadah

Abstract

Kanker usus besar atau kanker kolorektal adalah jenis kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Ada beberapa jenis kanker yang menyerang usus besar manusia yaitu Lymphoma, Sarcoma, dan Carcinoma. Tugas akhir ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem yang dapat mendeteksi dan mengklasifikasi citra usus besar ke dalam tipe kanker Lymphoma, kanker Carcinoma, atau normal.

 

Sistem yang dirancang pada tugas akhir ini menggunakan 198 data patologi jaringan kanker usus besar. Perancangan sistem ini mengklasifikasikan kanker usus besar mulai dari preprocessing, ekstraksi ciri dengan menggunakan Principal Analysis Component (PCA) dan melakukan klasifikasi menggunakan metode K-NN. Pengujian dilakukan dengan mencoba beberapa pengaturan parameter inputan K-NN.

 

Hasil dari penelitian ini berupa sistem pengolahan citra yang mampu mendeteksi Penyakit kanker usus besar dan mengklasifikasikan jenisnya. Pada penelitian ini pencapaian akurasi tertingggi yang diperoleh menggunakan klasifikasi K-NN dengan K=1 dan jenis distance minkowski. Hasil yang diperoleh pada pengujian sistem deteksi kanker usus besar adalah 68.52%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0