Optimasi Audio Watermarking Berbasis Lifting Wavelet Transform Dengan Metode Spread Spectrum Menggunakan Algoritma Genetika

Hafiz Adriansyah, Gelar Budiman, Suci Aulia

Abstract

Perkembangan teknologi dengan menggunakan data digital pada saat ini sudah berkembang dengan cukup pesat. Kemudahan dalam pertukaran dan mengakses suatu data digital, membuatnya rentan akan penyalahgunaan hak cipta. Penyalahgunaan hak cipta ini akan merugikan banyak pihak khususnya pemilik hak cipta yang sebenarnya. Maka dari itu, perlu dilakukan suatu tindakan untuk melindungi hak cipta suatu data digital.

 

Salah satu cara untuk melindungi hak cipta suatu data digital adalah dengan menyisipkan data watermark ke dalam data digital tersebut atau bisa disebut dengan digital watermarking. Digital watermarking adalah salah satu teknik otentikasi untuk perlindungan hak cipta yang dapat digunakan pada berbagai data digital. Data digital yang bisa menjadi data host untuk disisipi data watermark adalah data berupa citra, audio, dan video. Teknik digital watermarking dipilih karena memiliki tiga keunggulan dalam keamanan data seperti ketahanan (robustness), tidak terlihat/terasa oleh indera manusia (imperceptibility), serta keamanan (safety).

 

Pada jurnal ini, teknik digital watermarking yang digunakan adalah audio watermarking. Audio watermarking adalah teknik penyisipan atau penanaman suatu informasi/data watermark ke dalam suatu file audio. Metode yang diterapkan dalam jurnal ini adalah spread spectrum (SS) dengan berbasis lifting wavelet transform (LWT) yang dioptimasi oleh algoritma genetika (Algen).

 

Hasil sistem audio watermarking yang dirancang setelah optimasi algen menunjukkan hasil yang lebih baik dari sebelum dioptimasi yaitu dengan hasil BER 0 hingga 0,27 pada beberapa serangan seperti time scale modification, pitch shifting, resampling, dan kompresi mp3.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1