Perancangan Dan Analisis Antena Mikrostrip Mimo Modified Shape Bow-tie Pada Frekuensi 28 Ghz

Ersyach Irham Sunny, Rina Pudji Astuti, Bambang Setia Nugroho

Abstract

Perkembangan teknologi di industri telekomunikasi sangatlah cepat dan berbanding lurus dengan kebutuhan konsumen. Konsumen selalu menuntut untuk pemenuhan akan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat dan tersedianya layanan selama 24 jam non-stop. Teknologi 4G dianggap masih belum dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, oleh karena itu disiapkan teknologi 5G. Di masa yang akan datang teknologi 5G yang sedang disiapkan ini ditujukan untuk melengkapi teknologi 4G bukan untuk menggantikannya. Teknologi 5G saat ini masih belum mempunyai standardisasi yang mengatur secara baku dalam penerapannya. Maka dari itu, para akademisi dan peneliti masih bebas melakukan eksperimen penelitian dan riset yang terkait dengan 5G.

 

Teknologi 5G dirancang untuk dapat memenuhi beberapa tujuan diantaranya adalah meningkatkan volume data, meningkatkan jumlah pelanggan yang terhubung, meningkatkan kecepatan akses data, meningkatkan efisiensi daya, dan mengurangi terjadinya delay. Salah satu solusi untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menggunakan teknologi MIMO (Multiple Input Multiple Output). Pada studi sebelumnya, telah dibuat sebuah delapan susunan antena yang dapat bekerja pada frekuensi 28 GHz sampai dengan 38 GHz dengan bentuk patch leaf-shaped bow-tie dengan pola radasi unidireksional.

 

Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan, simulasi, dan analisis sebuah antena mikrostrip MIMO yang dapat bekerja pada sistem 5G untuk aplikasi perangkat seluler yang memiliki bentuk patch modified shape bow-tie pada frekuensi 28 GHz dengan pola radiasi unidireksional, polarisasi linear, dan bandwidth ≥ 2 GHz, yang selanjutnya dibuat menjadi sebuah susunan delapan antena yang diletakkan pada sebuah PCB yang diasumsikan sebagai motherboard dari perangkat seluler.j

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0