Perancangan Dan Realisasi Antena Mimo 2x2 Mikrostrip Patch Persegi Panjang 5,2 Ghz Untuk Wifi 802.11n Dengan Catuan Emc (electromagnetically Coupled)

Imam Restu Utomo, Dharu Arseno, Yuyu Wahyu

Abstract

Perkembangan teknologi semakin pesat dan cepat berkembang, sehingga banyaknya kebutuhan informasi yang harus tercapai semakin banyak. Dengan hal tersebut dapat berarti harus adanya teknologi yang mendukungnya juga. Semakin banyak kebutuhan informasi berarti harus ada nya akses yang memenuhi di segala tempat. Apalagi masih banyaknya tempat yang mempunyai sinyal dan daya terima wifi yang belum baik.

 

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dari wifi adalah dari antenna nya. Teknik MIMO adalah teknik yang digunakan pada antenna untuk meningkatkan kapasitas performansi dan system dari wireless. Pada tugas akhir ini akan di rancang dan direalisasikan antena MIMO 2x2 yang dapat bekerja pada frekuensi 5,2 Ghz dan dapat diaplikasikan pada teknologi Wifi.

 

Hasil dari farbrikasi antena mikrostrip MIMO 2x2 ini memiliki nilai VSWR ≤ 1.335, return loss ≤ -16.608 dB, gain ≥ 3.33 dBi, nilai mutuak coupling ≤ -22.512, memiliki pola radiasi bidireksional, serta memiliki polarisasi sirkular pada antena 1 dan polarisasi elips pada antena 2.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0