Steganografi Citra Berdasarkan Discrete Wavelet Transform Dan Qr Decomposition Menggunakan Least Significant Bit Dan Deret Fibonacci

Tita Haryanti, Bambang Hidayat, Gelar Budiman

Abstract

Pada perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini menjadikan pertukaran data

digital semakin mudah dan cepat, misalnya melalui internet. Dengan adanya kemudahan dalam pertukaran data digital, seseorang dapat melakukan interruption, interception, dan modification pada data digital tersebut. Untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data diperlukan suatu teknik untuk mengamankan data tersebut, salah satunya dengan steganografi.

Dalam tugas akhir ini, skema steganografi citra berdasarkan metode DWT dan QR decomposition diusulkan untuk menyisipkan pesan rahasia kedalam citra host berwarna pada color space dan layer tertentu. Pertama, citra host RGB dikonversi ke color space tertentu. Layer dimana pesan rahasia disisipkan juga bisa dipilih. Setelah layer citra yang dipilih pada color space tertentu ditransformasikan oleh DWT, selanjutnya dibagi menjadi blok pixel 8 × 8 yang tidak tumpang tindih. Kemudian, setiap blok pixel yang dipilih didekomposisi dengan QR decomposition dan elemen pada matriks 𑅠dihitung untuk disisipi informasi pesan rahasia. Pesan rahasia disisipkan ke dalam matriks 𑅠dari QR decomposition pada citra host dengan menggunakan metode LSB, dimana posisi yang dipilih ditentukan sesuai dengan angka Fibonacci yang digunakan untuk memperkuat dan menentukan lokasi penyisipan.

Kata Kunci: Steganografi Citra, Discrete Wavelet Transform, QR decomposition, Least Significant Bit (LSB), deret Fibonacci.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0