Pengukuran Kinerja Cv.jiggy Sentosa Menggunakan Metode Balanced Scorecard

Reza Mohammad Rifky, Budi Praptono, Muhammad Iqbal

Abstract

CV.Jiggy Sentosa adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang event organizer khususnya pada kegiatan brand activation. Kegiatan brand activation sendiri adalah kegiatan promosi dengan mengadakan sebuah aktivasi atau acara yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk,menigkatkan penjualan atau memperkenalkan produk baru. Pada tahun kedua berdirinya, CV.Jiggy Sentosa ingin melakukan pengukuran terhadap kinerja perusahaan dan diharapkan dapat memberi dampak pada strategi bisnis perusahaan kedepan. Metode penelitian yang digunakan adalah Balanced Scorecard dengan metode Analytical Hierarcy Process (AHP) untuk mengolah data dan menggabungkan analisis SWOT untuk memetakan strategi hasil dari pengukuran performansi kinerja.

Selama dua tahun berdirinya, perusahaan belum pernah mengukur kinerja sehingga perusahaan tidak mengetahui performansi kinerjanya selama dua tahun tersebut. Oleh karena itu, peneliti yang juga merupakan salah satu stakeholder dari perusahaan melakukan penilaian performansi kinerja menggunakan metode Balanced Scorecard .

Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan metode Analytical Hierarcy Process (AHP) didapatkan hasil akhir nilai kinerja perspektif finansial memperoleh nilai 1,2581 dengan kriteria kinerja sangat baik , perspektif pelanggan memperoleh nilai 1,8336 dengan kriteria kinerja sangat baik , perspektif proses bisnis internal memperoleh nilai 0,1738 dengan kriteria kinerja kurang dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan memperoleh nilai 0,2739 dengan kriteria kinerja sangat kurang. Nilai dari keseluruhan kinerja perushahaan memperoleh nilai 3,5394 dengan kriteria kinerja cukup.

Kata kunci: Pengukuran Kinerja Perusahan, Balanced Scorecard, Analytical Hierarcy Process (AHP), Analisis SWOT

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0