Rancangan Perbaikan Kualitas Pada Website En-zy Menggunakan Metode Quality Function Deployment (qfd)

Akbar Bima Nugrahanto, Agus Achmad Suhendra, Rio Aurachman

Abstract

Abstrak
Industri fashion di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Kondisi ini sejalan dengan berkembangnya kesadaran masyarakat akan fashion yang sudah mengarah pada pemenuhan gaya hidup dalam berbusana.Salah satu merek fashion di Indonesia yaitu En-Zy, dimana produsen memfokuskan dirinya pada produk yang memiliki feature yang unik. Berbagai macam produk En-Zy yang ditawarkan dengan berbagai variasi seperti kemeja, jaket, totebag, tas, sepatu dan aksesoris lainnya. En-Zy menerapkan penjualan produknya melalu berbagai media seperti website, social media¸ serta bekerja sama dengan e-commerce di Indonesia.. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi atribut website EnZy yang dapat ditingkatkan dan dikembangkan sesuai urutan prioritas untuk mencapai kepuasan konsumen En-Zy.
Langkah pertama yang dilakukan adalah memperoleh true customer needs. Data tersebut kemudian diidentifikasi menjadi karakteristik teknis. Selanjutnya, setiap karakteristik teknis dinilai keterkaitannya dalam House of Quality (HoQ) yang menjadi tahap Quality Function Deployment (QFD). Metode QFD dapat membantu memprioritaskan kebutuhan user yang dapat dikembangkan sesuai kemampuan website En-Zy. Tahap selanjutnya adalah pengembangan konsep dengan membuat konsep-konsep alternatif baru yang nantinya akan dipilih oleh tim pengembang En-Zy. Tahap terakhir adalah part deployment atau QFD Iterasi dua. Tahap ini untuk menentukan prioritas critical part.
Prioritas critical part dihasilkan berdasarkan prioritas karakteristik teknis yang telah didapatkan pada karakteristik teknis yang diperoleh dari QFD Iterasi satu.
Rekomendasi yang dibuat adalah jumlah menu, jumlah informasi rincian, ukuran space yang digunakan, ukuran bandwidth yang digunakan, jumlah informasi produk, jumlah konten yang ditampilkan, jumlah submenu, dan jenis bantuan yang disediakan.
Kata kunci: Website, House of Quality, En-Zy, Kualitas layanan , Part Deployment , Quality Function Deployment. Deployment

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0