Pembangkitan Energi Listrik Dari Putaran Water Sprinkler Untuk Pencahayaan Di Malam Hari

Authors

  • Muhajidin Muhajidin Telkom University
  • Sigit Yuwono Telkom University
  • Angga Rusdinar Telkom University

Abstract

Abstrak Indonesia adalah salah satu negara yang punya berbagai sumberdaya untuk pemanfaat pembangkitan energi listrik, namun hal itu belum terealisasi dengan baik, masih terdapat banyak perumahan khususnya wilayah pedesaan yang belum menikmati energi listrik, terlalu banyak pemborosan energi untuk di beberapa wilayah perkotaan contohnya pada sistem pertamanan dan juga perumahan yang seharusnya dapat diminimalisir, selain itu indonesia adalah salah satu negara dengan sumber atau bahan utama pembangkitan energi berbahan baku fosil, dimna ketersedian semakin menipis, dengan demikian dibutuhkan berbagai inovasi di bidang energi harvesting atau energi terbarukan. Pada penelitian ini dimanfaatkan sebuah alat penyemprot air berputar Rotating water Sprinkler (RWS) yang merupakan suatu peralatan pertamanan yang menyemprotkan air secara memutar, Perputaran kepala penyemprot air pada dasarnya disebabkan oleh adanya pergerakan atau aliran air yang masuk melalui selang atau pipa air dan keluar dari mulut penyemprot (nozzle). Pada penelitian ini, perputaran kepala penyemprot RWS dimanfaatkan untuk membangkitkan energi listrik berskala kecil. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan analisi pada aliran air untuk disesuiakan dengan putaran RWS, putaran yang dihasilkan diintegrasikan dengan generator sebagai pembangkit energi listrik. Untuk mengurangi riple atau noise digunakan komponen capasitor dan hasilnya dapat dilihat seperti hasil yang di dapatkan pada Gambar 1 sampai 6. Hasil pembangkitan energi listrik pada penelitian ini adalah dengan putaran minimum 160 RPM menghasilkan tegangan 1.54VDC dan dengan putaran maksimum 1260 RPM menghasilkan tegangan 5.44VDC, selain itu dari hasil pengujian yang di lakukan seperti pada Tabel 2, sistem ini dapat menyalakan 30 buah LED merah standar .

Kata Kunci : Energy scavenging, rotating water sprinkler ,generator DC, energy harvesting.
Abstract Indonesia is one of the countries that has a variety of resources for the use of electricity generation, but it has not been realized well. There are still many housing, especially rural areas that have not enjoyed electricity. Too much wasted energy in some urban areas, for example in the gardening system and also in the housing area that should have been minimized. Moreover, that Indonesia is one of the countries with the main source or material for generating energy from fossil fuels, where is the availability is decreasing. Therefore, it requires various innovations in the field of energy harvesting or renewable energy.
In this research, a Rotating Water Sprinkler (RWS) is used which is a gardening device that sprays water in a rotating manner. The rotation of the head of the water sprayer is basically caused by the movement or flow of water entering through a hose or water pipe and out through a nozzle. In this study, RWS’s head rotation is used to generate a small-scale electrical energy. The method that has been used in this study is to analyze the water flow to be adjusted with the RWS’s rotation. The rotation result integrated with the generator as an electric energy generator. To reduce riple or noise the capacitor component is used and the results can be seen that obtained in graphic 1 to 6..
The results of electrical energy generation in this study is that with a minimum rotation of 160 RPM produces a voltage of 1.54VDC and with a maximum rotation of 1260 RPM produces a voltage of 5.44VDC, in addition to the results of the tests as shown in Table 2, this system can turn on 30 standard red LEDs.
Keyword : Energy scavenging, rotating water sprinkler, DC Generator, Energy harvesting, Renewable Energy

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Elektro