Perancangan Sistem Dan Monitoring Penerangan Lampu Otomatis Di Tempat Parkir Berbasis Internet Of Things (iot)

Authors

  • Ali Sanad Telkom University
  • Sony Sumaryo Telkom University
  • Estananto Estananto Telkom University

Abstract

Abstrak Pada saat ini dibutuhkan sistem smart parking yang dapat melakukan penerangan otomatis pada area kendaraan bermobil yang parkir. Oleh karena itu, penulis telah melakukan penelitian dengan merancang purwarupa sistem yang dapat melakukan penerangan di area parkir tertutup (indoor) secara otomatis dan mengatur kecerahan penerangan yang dibutuhkan pada area parkir tertentu untuk mempermudah sistem dalam melakukan penerangan dan mengurangi pemakaian daya listrik. Dengan input menggunakan sensor HC-SR04 (Ultrasonik) dan sensor LDR (Light Dependent Resistor). Sistem juga dapat melakukan monitoring menggunakan Internet of Things(IoT) dengan modul Wi-fi. Metode kontrol yang digunakan adalah logika fuzzy yang umumnya diterapkan pada masalah – masalah yang mempunyai unsur ketidakpastian. Sensor HC-SR04 mendeteksi kendaraan yang akan parkir atau kendaraan bermobil yang akan masuk dan meninggalkan area parkir. Dan, sensor LDR yang akan mendeteksi intesitas cahaya pada tempat parkir untuk memastikan penerangan. Lalu, Arduino akan membaca data hasil pengukuran sensor HC-SR04 dan LDR. Kecerahan LED akan diatur oleh nilai PWM dalam rules fuzzy logic. Data hasil pengkuran akan dikirimkan melalui media internet menuju cloud ThingSpeak.com dengan menggunakan modul Wi-fi ESP8266. Berdasarkan hasil pengujian dan implementasi pada purwarupa. Pada pengujian sistem, dibutuhkanya waktu pengambilan data sensor 1-2,5 detik. Pada HC-SR04 didapatkan persentase keberhasilan pada pengukuran HC-SR04 yaitu 97,82% dengan peresentase error 2,18%. Sistem monitoring via IoT dengan waktu kirim rata – rata 15 detik. Serta pengujian output fuzzy sistem dengan pengarauh jarak dan intesitas cahaya dengan 2 (dua) parameter nilai LDR yang diujikan yaitu pada nilai 150 dan 320. Sedangkan, untuk nilai HC-SR04 berkisar 0-30 cm. Kata Kunci : Area Parkir, IoT, Logika fuzzy, PWM, LED

At this time, a system is needed smart parking that can carry out automatic lighting on the area of the vehicle that is parking. Therefore, the author has conducted research by designing a prototype system that can perform lighting in a closed parking area (indoor) automatically and adjust the brightness of lighting needed in certain parking areas to facilitate the system in lighting and reduce electricity consumption. With input using HC-SR04 (Ultrasonic) sensor and sensor LDR (Light Dependent Resistor). The system can also monitor using the Internet of Things (IoT) withmodules Wi-fi.
The control method used islogic fuzzy which is generally applied to problems that have an element of uncertainty. Sensor HC-SR04 detects vehicles that will park or vehicles that drive will enter and leave the parking area. And, the sensor LDR will detect the intensity of light in the parking lot to ensure lighting. Then, Arduino will read the measurement data of the sensors HC-SR04 and LDR. LED brightness will be regulated by values PWM in fuzzy logic rules. The results of the deduction data will be sent via the internet media to ThingSpeak.com cloud using the Wi-fi ESP8266 module.
Based on the results of testing and implementation of the prototype. In system testing, it takes 1-2.5 seconds sensor data retrieval time. In thesensor value LDR has a 0-1023 resolusi while in HC-SR04 obtained the percentage of success in themeasurement HC-SR04 is 97.82% with an error percentage of 2.18%. Monitoring system via IoT with an average delivery time of 15 seconds. As well as testing the output of fuzzy systems with distance and intensity intensity with 3 parameters of the LDR value tested at 150 and 320. As for HC-SR04 values ranging from 0-30 cm.
Keywords: Parking Area, IoT, Logic Fuzzy, PWM, LED.

Downloads

Published

2018-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Elektro