Analisis Performansi Jaringan Akses Fiber To The Home (ftth) Link Sto Gegerkalong Ke Perumahan Cipaku Indah

Oq Vinesto Riyadi, Sugito Sugito, Akhmad Hambali

Abstract

Abstrak
Pada pertengahan 2014 PT Telkom dan PT INTI bekerjasama dalam pelaksanaan proyek TITO, yaitu proyek implementasi FTTH ke perumahan perumahan yang ada di bandung salah satunya di perumahan sekitar jalan cipaku indah. Jaringan FTTH di jalan cipaku indah termasuk masih baru karena sebelumnya masih menggunakan jaringan tembaga, namun belum ada analiasa khusus terkait performansi jaringan FTTH yang telah terimplementasi di perumahan tersebut. Untuk itu penulis ingin membantu menganalisa performansi jaringan link optik yang masih baru tersebut.

Pada tugas akhir ini dianalisa kinerja jaringan FTTH STO Gegerkalong ke perumahan Cipaku Indah berdasarkan beberapa parameter yaitu Link Power Budget, Rise Time Budget, Signal to Noise Ratio (SNR), Bit Error Rate (BER) dan menganalisa secara langsung masalah yang terjadi di lapangan. Pada jaringan FTTH di perumahan Cipaku Indah telah terpasang perangkat GPON yaitu 1 ODC, 54 ODP dan 227ONT dengan total pelanggan sebanyak 227 user.

Hasil uji link yaitu terbukti bahwa jaringan yang telah terimplementasi FTTH ini telah layak dengan memenuhi standar jaringan yang ditetapkan oleh PT. Telkom dengan nilai BER yaitu sebesar 5,09424 x 10- 300Link Power Budget bernilai – , Rise Time Budget bernilai , SNR bernilai . Dalam hasil pengukuran link cipaku indah terdapat 10 ONT yang mengalami gangguan loss. Berdasarkan survey ke user terdapat redaman sebesar 3 sampai 4 dB yang terjadi akibat adanya separasi sebesar 0,3 mm diantara dua jenis konektor yang berbeda yaitu PC dan APC di antara drop kabel indoor dengan kotak rosette.



Kata kunci: Performansi, Link Power Budget, Rise Time Budget, SNR, BER.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0