Perancangan Dan Analisis Clustering Data Menggunakan Metode Single Linkage Untuk Berita Berbahasa Inggris Design And Analysis Of Data Clustering Using Single Linkage Method For English News

Fachri Nugraha Adhiatma, Surya Michrandi Nasution, Yudha Purwanto

Abstract

Pada era sekarang dunia komputer dan informasi sudah berkembang sangat pesat. Terutama di bidang pengolahan data. Seiring dengan perkembangan zaman, data yang terbentuk di zaman sekarang sudah se makin banyak. Oleh karena itu dibutuhkan suatu solusi supaya data tersebut bisa diolah menjadi informasi yang berguna. Data mining merupakan suatu solusi untuk menangani banyaknya data. Data mining adalah sebuah alat yang memiliki peranan penting untuk mengatur dan mengolah banyaknya data.

Pada penelitian ini penulis membahas tentang clustering data untuk data teks, yaitu menggunakan data berita yang diambil dari situs online dan dipindah ke notepad dengan format .txt. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode single lingkage clustering. Metode single linkage clustering merupakan bagian dari agglomerative hierarchical clustering. Metode single linkage mengelompokkan data berdasarkan pada data atau objek terdekat. Metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas cluster adalah dengan validitas berorientasi kemiripan.

Hasil yang sudah tercapai dari sistem summarize dan single linkage clustering cukup baik. Summarize dengan persentase 50% adalah yang terbaik, yaitu memiliki tingkat akurasi 74.10%. Sedangkan, Single linkage clustering dengan 12 cluster memiliki tingkat akurasi yang terbaik dibandingkan dengan single linkage clustering 6 cluster dan akurasi yang dihasilkan oleh jumlah cluster sebanyak 12 cluster adalah 79.8%.

Kata kunci : Data mining, text mining, clustering, agglomerative hierarchical clustering, single linkage, summarize

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0