Analisis Dan Perancangan Migrasi Jaringan Dwdm Backbone Jakarta - Surabaya Pt Telkom Indonesia

Ario Prabowo, Akhmad Hambali, Odang Yusuf

Abstract

Jaringan Backbone Telkom Jakarta – Surabaya merupakan jaringan inti berkapasitas besar yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya, dimana jaringan tersebut memiliki peranan penting dalam kegiatan komunikasi antar kota, seiring dengan bertambahnya kebutuhan pelanggan akan kebutuhan media internet maka perlu juga penambahan kapasitas jaringan demi memenuhi kebutuhan tersebut. Sehingga evaluasi sangatlah perlu dilakukan di jaringan existing demi mengetahui kelayakan jaringan dimasa sekarang dan dimasa depan.

Dalam tugas akhir ini akan dianalisis kinerja link SKSO backbone Jawa, dimana pada awalnya teknologi backbone Jakarta – Surabaya menggunakan teknologi Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM) berkapasitas 40 Gbps dan akan dilakukan perencanaan ulang menjadi 100 Gbps. Analisis dilakukan berdasarkan beberapa parameter performansi yaitu Link Power Budget, Rise Time Budget, dan Optical Signal Noise Ratio.

Dari hasil rekonfigurasi menyeluruh, di lakukan pergantian serat optik G.652 menjadi G.655, setelah dilakukan pergantian kabel tersebut, dilakukan penempatan ulang amplifier menggunakan metoda Link Power Budget dengan jumalah 60 node, serta dilakukan perhitungan OSNR manual hanya terhadap noise figure. Pada perhitungan hasil rekonfigurasi, OSNR didapatkan nilai 46.79 dB untuk link Utara Inner, didapatkan 46.66 untuk link utara Outter, 46.96 untuk link Selatan Outter,dan 46.78 untuk link Selatan Inner 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0