Analisis Kelayakan Pembukaan Toko Kue Di Margonda Depok Ditinjau Dari Aspek Pasar Aspek Teknis Dan Aspek Keuangan

Insani Azmi, Endang Chumaidiyah, Maria Dellarosawati

Abstract

Toko Quelita merupakan s ebuah toko yang namanya diambil dari nama s ang pemilik s erta kata dalam bahas a inggris quality. Toko Quelita menjulan kue bas ah (cak e) s erta kue kering (Cook ies). Sampai penelitian ini s eles ei dilakukan toko kue ini berjualan s ecara online s ert a melalui mulut ke mulut dengan s ys tem pes anan diantarkan ke alamat yang ada atau diambil dirumah s ang pemilik. Penurunan pendapatan yang terjadi s elama beberapa tahun membuat s ang pemilik memutus kan ingin membuka toko kue s ecara offline didaerah Depok. Penelitian ini dilakukan dengan menganalis is as pek pas ar as pek teknis s erta as pek keuangan.
Data data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari penyeberan kuis oner, wawancara s erta s urvei lapangan. Setelah mendapat data data yang diperlukan kemudian melakukan pengolahan data berbagai as pek. Berdas arkan Pengolahan data as pek pas ar diketahui bahwa 79% berminat untuk membeli kue kering s erta 91% berminat untuk membeli kue bas ah. Serta 79% res ponden menyanggupi untuk untuk membeli kue kering dan 89 % res ponden menyanggupi membeli kue bas ah. As pek teknis mengidetifikas i kebutuhan dana total berdas arkan nilai inves tas i s erta working capital. Kebutuhan dana untuk membuka toko kue di daerah margonda Depok adalah s ebes ar Rp3,361,255,482.
Dalam penelitian ini dilakukan pula pengolahan as pek finans ial untuk mencari nilai dari NPV,IRR s erta PBP. NPV yang didapat dalam penelitian ini s ebes ar Rp. 3,386,324,428. Dalam penilitian ini juga didapat IRR s ebes ar 21.37%. Nilai PBP yang didapat dari penilitian ini adalah s ebes ar 3.456 tahun. Berdas arkan nilai nilai NPV, IRR s erta PBP maka Analis is kelayakan pembukaan toko Quelita didaerah margona Depok dikatakan layak.

Kata kunci: Analis is Kelayakan, NPV, IRR, PBP, Toko Kue Quelita

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0