Analisis Kebutuhan Kemasan Produk Dodol Stroberi Ukm Shagy Lestari, Kab. Bandung Dengan Menggunakan Model Kano Dan Product Packaging

Sabrina Ayu Hermawati, Yati Rohayati, Maria Dellarosawati

Abstract

UKM Shagy Lestari adalah salah satu penghasil stroberi di daerah Rancabali, Jawa Barat. Bapak Soemantri dan Ibu Nunung adalah pemilik dan pendiri UKM Shagy Lestari. Memproduksi olahan stroberi merupakan salah satu cara yang ditempuh pemilik UKM, dikarenakan UKM Shagy Lestari memiliki lokasi pemasaran yang strategis, dikawasan wisata Kawah Putih. Dodol stroberi, sambal stroberi dan selai stroberi adalah produk yang dihasilkan UKM Shagy Lestari. Berdasarkan data penjualan, pihak UKM mengalami kerugian penurunan penjualan pada tahun 2013 dan 2014. Melihat adanya penurunan penjualan produk dodol stroberi, peneliti menjadikan produk UKM Shagy Lestari sebagai objek penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden dengan menggunakan teknik sampling non-probability sampling yaitu purposive sampling. Terdapat dua jenis kuesioner pada penelitian ini, yaitu kuesioner product packaging dan model kano. Pada penelitian ini menggunakan metode Product Packaging dan model kano, yaitu objek dalam penelitian ini berupa packaging, dan peneliti akan menentukan kualitas dari sebuah packaging, untuk itu peneliti menggunakan metode product quality, sehingga didapatlah pengkombinasian terhadap metode penelitian dan objek penelitian yaitu product packaging.

Hasil dari penyebaran 150 kuesioner didapatkan 100 kuesioner yang lulus screening dan menghasilkan 24 atribut kebutuhan product packaging dodol stroberi yang didapatkan dari hasil olahan kuesioner. Kedua hasil pengolahan data kemudian dilakukan pengintegrasian dan analisis data untuk mendapatkan True Customer Needs. Perumusan rekomendasi didapatkan dari hasil analisis prioritas rekomendasi yang dilakukan terhadap 8 atribut yang ditingkatkan.


Kata kunci : UKM, Product Packaging, Kano, Desain kemasan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0