Analisis Dan Simulasi Pengaruh Golden Space Time Block Code (Stbc) Pada Multiple Antenna Untuk Sistem Televisi Digital Terestrial Generasi Kedua (Dvb-T2)

Sandria Abhiseka, Rina Pudji Astuti, Linda Meylani

Abstract

DVB (Digital Video Broadcasting) adalah salah satu sistem broadcasting yang digunakan untuk mentransmisikan siaran televisi atau video digital hingga ke pengguna akhir (end-user). Salah satu dari standar DVB adalah Digital Video Broadcasting Terestrial Second Generation (DVB-T2). Pada DVB-T2 juga telah diimplementasikan pengiriman High Definition Television (HDTV) walau masih sangat terbatas. Ketahanan video HDTV terhadap noise tidak terlalu tinggi sehingga akan terjadi penurunan kualitas sinyal yang diterima user jika kondisi kanal memburuk. Hal ini disebabkan karena perubahan kanal yang dilewati, antara lain dapat disebabkan oleh kanal multipath, pergerakaan benda disekitar user, pergerakan user itu sendiri dan noise.

Untuk mengatasi masalah di atas dapat digunakan teknik multiple antena tipe Space Time Block Code (STBC) untuk meningkatkan ketahanan sinyal terhadap noise. Penggunaan multiple antena STBC Alamouti pada DVB-T2 dapat meningkatkan ketahanan sinyal terhadap noise di sisi penerima dengan jumlah antena yang sama. Di sisi lain, ada tipe STBC lain yaitu golden code yang juga dapat meningkatkan ketahanan sinyal terhadap noise jumlah antena yang sama. Dalam penelitian tugas akhir ini telah dibandingkan BER terhadap Eb/No yang direpresentasikan dengan grafik dari kedua jenis STBC tersebut

Hasil penelitian menunjukkan bahwa STBC golden code memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan STBC Alamouti dengan jumlah antena yang sama. Pada STBC golden code 2x1 untuk mencapai target BER 10-5 membutuhkan Eb/No sebesar 17,67 dB, untuk STBC golden code 2x2 membutuhkan 15,68 dB. Sedangkan Pada STBC Alamouti 2x1 membutuhkan 19,68 dB, untuk STBC Alamouti 2x2 membutuhkan 18,71 dB. Didapatkan hasil penelitian bahwa STBC golden code 2x1 dan STBC Alamouti 2x1 memiliki coding gain sebesar 2,01 dB. Sedangkan untuk STBC golden code 2x2 dan STBC Alamouti 2x2 memiliki coding gain sebesar 3,03 dB. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0