Strategi Penetapan Harga Air Minum Dalam Kemasan Di Pt. Syahid Global International Dengan Menggunakan Customer Value Map Dan Price Sensitivity Meter

Nurtyo Widya Kurniawan, Husni Amani, Maria Dellarosawati

Abstract

Pada dewasa ini industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) berkembang pesat. Salah satu perusahaan yang bergerak di industri AMDK adalah PT. Syahid Global Internat ional. Awal beroperasi, PT. SGI bekerja sama dengan PT. Fenishelo Suryawijaya yang memiliki merek air minum Suli 5. Selama beberapa bulan beroperasi PT. SGI belum mencapai target karena adanya berbagai masalah. Salah satu masalah yaitu tidak adanya penentuan harga jual produk ditingkat agen kepada konsumen. Melalui hasil evaluasi PT. SGI menghentikan kerja sama dengan PT. Fenishlo Suryawijaya dan mengeluarkan brand baru dengan nama Tirta One.

Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan usulan harga dengan mengevaluasi value yang dimiliki oleh produk dan benefit yang dirasakan pelanggan ketika mengonsumsi produk Tirta One. Benefit yang dirasakan oleh pelanggan juga menjadi dasar untuk menentukan kemauan bayar pelanggan agar harga yang ditetapkan tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh customer value map yang menunjukan bahwa produk Tirta One berada di disadvantage area. Pada pengolahan price sensitivity meter untuk harga galon pembelian perdana acceptable price range ada pada range Rp 38.000,00 – Rp 52.000,00 dan untuk harga galon isi ulang acceptable price range ada pada range Rp 15.800,00 – Rp 18.500,00. Dengan mempertimbangkan harga kompetitor, customer value map, dan price sensitivity meter harga pembelian galon perdana ditetapkan sebesar Rp 48.000,00 dan harga galon isi ulang sebesar Rp 14.000,00.

Kata Kunci: Harga, Value-Based Pricing, Customer Value Map, Customer Willingness To Pay, Price Sensitivity Meter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0