Analisis Positioning Program Studi Creative Multimedia Professional Bedasarkan Perceptual Map Dengan Metode Multi Dimensional Scalling

Meilana Fatharany, Husni Amani, Sari Wulandari

Abstract

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menyebabkan masyarakat yang berada di wilayah Asia Tenggara dapat dengan bebasnya melakukan berbagai aktivitas tanpa harus berbatas wilayah. Kemampuan masyarakat Indonesia pun dituntut lebih untuk dapat bersaing dengan mereka. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program pelatihan atau sertifikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui positioning dari lembaga pelatihan dan sertifikasi khususnya di bidang multimedia yang berada di wilayah Bandung dan Jabodetabek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multi Dimensional Scalling (MDS) yang akan menghasilkan output berupa perceptual map. Melalui perceptual map itulah dapat diketahui persepsi masyarakat mengenai lembaga-lembaga tersebut bedasarkan atribut kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan, lulusan berkualitas, kemampuan yang sesuai job requirement, kecepatan dalam merespon keluhan, kejelasan penyampaian informasi, kemudahan menyapaikan keluhan, kemudahan melakukan konsultasi, kelengkapan fasilitas akademik, kelengkapan fasilitas non akademik, pengakuan atas prestasi mahasiswa, kegiatan yang mendukung softskill, materi pelatihan yang sesuai industry dan variasi kegiatan pembelajaran. Program studi yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini adalah Creative Multimedia Professional (CMP) dari Telkom Professional Certification Center (TPCC). Hasil rekomendasi dari penelitian ini adalah mengkomunikasikan keunggulan TPCC melalui tagline, menyediakan program khusus konsultasi, melengkapi fasilitas akademik, membuat beberapa program yang dapat mengasah softskill, bekerjasama dengan perusahaan di bidang multimedia, menambah variasi kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Positioning, Perceptual Map, Multi Dimensional Scalling, Lembaga Pelatihan dan Sertifikasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0