Pembangunan Aplikasi Mobile Pariwisata “gotrip†Menggunakan Metode Waterfall

Ika Nurmila Avinda, Yuli Adam Prasetyo, Pitrasacha Adytia

Abstract

Sektor pariwisata meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini seperti yang telah diperkirakan oleh World Tourisme Organization (WTO) pada tahun 2003. Internet digunakan sebagai tempat berbagi dan sumber informasi tentang lokasi pariwisata. Namun hasil informasi yang berada di internet belum terorganisir, sehingga seringkali menyusahkan para wisatawan untuk mencari informasi yang lebih lengkap dalam waktu yang singkat terutama bagi wisatawan yang ingin melakukan self touring.

GoTrip merupakan aplikasi mobile Android yang menjadi tempat berbagi tentang lokasi-lokasi wisata. Member dapat menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi, seperti fitur Home untuk melihat ulasan lokasi terbaru, Find untuk mencari lokasi wisata dalam suatu daerah, Nearby untuk melihat lokasi wisata terdekat dari titik lokasi member. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan modified waterfall method. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java dan PHP, Java untuk pemrograman Android di Eclipse dan PHP untuk menghubungkan Android ke database MySQL.

Sistem perencanaan wisata pada aplikasi GoTrip yang telah dibuat dapat memudahkan user untuk melakukan perencanaan wisata dan menjadi tempat berbagi review lokasi wisata yang terorganisir. Usulan lokasi wisata yang dihasilkan mengacu pada titik lokasi pengguna atau lokasi tujuan yang akan dituju. Pengembangan lebih lanjut sebaiknya dapat menambahkan sistem pengusulan wisata yang lebih baik. Konten dan tampilan yang lebih menarik.

Kata kunci: crowdsourcing, waterfall, pariwisata, android, aplikasi mobile

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0