Perancangan Dan Analisis Enterprise Architecture Yayasan Kesehatan (yakes) Tekom Pada Domain Arsitektur Sistem Informasi Dengan Menggunakan Framework Togaf Adm

Meirizky Anjani Purwati Ningsih, Mochamad Teguh Kurniawan, Rahmat Mulyana

Abstract

Yayasan Kesehatan Telkom (Yakes Telkom) merupakan suatu unit pembantu yang menangani permasalahan kesehatan pensiunan, karyawan beserta keluarga pada PT. Telkomunikasi Indonesia Tbk. Untuk melaksanakan aktivitas bisnis, Yakes Telkom mebutuhkan sistem informasi yang memadai. Selain itu, dengan adanya kebijakan pemerintah terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) akan menjadi tantangan pada Yakes Telkom dikarenakan butuh penyelarasan proses bisnis, dan teknologi informasi yang dapat mendukung strategi bisnis BPJS pada Yakes Telkom. Metode yang digunakan untuk penyelarasan strategi bisnis dan teknologi informasi tersebut dapat menggunakan Enterprise Arcitecture. TOGAF ADM dapat menjadi salah satu framework sebagai pedoman dalam pembuatan enterprise architecture. Penelitian ini menghasilkan blueprint arsitektur sistem informasi yang membantu dalam pembuatan enterprise architecture dan digunakan sebagai acuan perencanaan pengembangan sistem informasi Yayasan Kesehatan Telkom sendiri, maupun terkait dengan kerjasamanya dengan BPJS.

Kata kunci: Arsitektur perusahaan, blueprint, sistem informasi, TOGAF ADM, Yayasan Kesehatan Telkom (Yakes Telkom), BPJS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0