Perancangan Rute Pendistribusian Produk Obat Dengan Menggunakan Algoritma Tabu Search Pada Vehicle Routing Problem With Time Window Di Pt Xyz Bandung

Rifa Rizka Anisah, Dida Diah Damayanti, Budi Santosa

Abstract

PT. XYZ adalah perus ahaan farmas i multinas ional dan tumbuh menjadi dis tributor umum, tidak hanya dalam produk ethical tetapi juga berbagai produk kons umen, indus tri farmas i, kos metik, dan makanan indus tri. Perus ahaan ini mempunyai gudang s ebagai tempat penyimpanan barang dan akan mendis tribus ikan barangnya untuk area dalam kota Bandung dan luar kota Bandung. PT. XYZ memiliki customer untuk bagian ethical mulai dari rumah s akit, apotek dan outlet kecil yang ters ebar di s eluruh bagian daerah. Permas alahan yang ada adalah PT. XYZ tidak dapat mendis tribus ikan s emua permintaan pelanggan yang ada dan hal ters ebut menimbulkan tingginya biaya tras nportas i. Penelitian ini bertujuan untuk meminimas i frekuens i keterlambatan PT XYZ dalam mendis tribus ikan barangnya dan meminimas i biaya tras nportas i. Penelitian ini membahas VRP das ar dengan karakteris tik time window, multi trip dan multiple products. Karakteris tik ters ebut menunjukkan bahwa VRP yang terjadi pada PT XYZ cukup kompleks s ehingga permas alahan ini dis eles aikan dengan pendekatan metaheuris tik s eperti Algoritma Tabu Search. Algoritma ini dimulai dengan pembangkitan populas i awal dengan menggunakan algoritma nearest neighbour yang kemudian dioptimalis as i menggunakan algoritma Tabu Search Has il dari algoritma ini dapat meminimumkan jarak tempuh, waktu tempuh, meminimas i frekuens i keterlambatan dan meminimas i biaya total trans portas i s ampai dengan 6.17% .

Kata Kunci: Trans portas i, VRP, Multiple Products, Time Window, Multi Trip, Algoritma Nearest Neighbour, Algoritma Tabu Search.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0