Membangun Sistem Informasi Manajemen Konseling Berbasis Web Menggunakan Metode Prototype Pada Career Development Centre (cdc) Telkom University

Christine Purnama Sari Sibarani, Irfan Darmawan, Warih Puspitasari

Abstract

Bagian pengembangan karir (CDC) merupakan salah satu unit di bawah Direktorat Pusat Pengembangan Karir dan pengelolaan Alumni yang mempunyai tugas utama yaitu fokus pada kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa dan calon alumni untuk mendapatkan konseling dan pelatihan softskill. Selama ini, prosedur untuk melakukan konseling masih dilakukan secara manual, mulai dari mengisi form perjanjian konseling, pemilihan jadwal, pengisian feedback, sampai mengisi hasil konseling. Banyak permasalahan yang muncul, seperti penggunaan kertas yang berlebihan, manajemen konseling, sampai penyimpanan data yang belum terpusat dengan baik.

Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dibangun sebuah sistem informasi dengan metode PrototypingOriented Software untuk membantu manajemen konseling. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan data terkait permasalahan yang terjadi pada proses manajemen konseling ini, termasuk penjadwalan konseling dan penyimpanan data hasil konseling. In-depth interview dengan staff CDC sampai menyebarkan kuisioner pendahuluan kepada mahasiswa menghasilkan identifikasi akan permasalahan yang ada. Setelah mendapatkan data yang dibutuhkan, selanjutnya dilakukan perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, sistem akan diuji dengan menggunakan uji fungsionalitas dan feedback pengguna.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi manajemen konseling berbasis website yang dapat digunakan untuk mempermudah pihak CDC dan mahasiswa untuk melakukan penjadwalan konseling dan penyimpanan data hasil konseling. Hasil dari pengujian, menunjukkan bahwa sistem sudah sesuai dengan perancangan dan kebutuhan pengguna.

Kata kunci : Konseling, Prototype-Oriented Software, in-depth interview, feedback

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0