Usulan Perencanaan Persediaan Produk Kategori Teh Celup Dengan Metode Continuous Review (s,s) Dan Continuous Review (s,q) System Untuk Mengurangi Lost Sales Di Gudang Pt Xyz Bandung

Vania Utami, Ari Yanuar Ridwan, Budi Santosa

Abstract

PT XYZ adalah perusahaan perkebunan milik Negara yang didirikan untuk menyelenggarakan usaha di bidang agro bisnis. Kegiatan usaha yang dimiliki oleh PT XYZ adalah pembudidayaan tanaman, pengolahan/produksi, dan penjualan produk yang dihasilkan oleh PT XYZ sendiri. PT XYZ memiliki beberapa distributor yang selalu melakukan permintaan produk terhadap PT XYZ. Dikarenakan permintaan yang sering berubah-ubah maka PT XYZ sering mengalami lost sales akibat stockout yang terjadi di gudang PT XYZ. Hal ini dikarenakan PT XYZ belum memiliki kebijakan persediaan yang tepat serta belum mengklasifikasikan teh berdasarkan nilai penyerapan dana dari teh tersebut. Adanya stockout ini menyebabkan munculnya biaya kekurangan pada biaya persediaan PT XYZ.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dalam penelitian ini dilakukan pengklasifikasian analisis ABC. Prioritas I merupakan teh kelas I, dimana perhitungannya menggunakan metode Continuous review (s,S) dan prioritas II merupakan teh kelas II dan kelas III yang perhitungannya menggunakan metode Continuous review (s,Q). Berdasarkan hasil perhitungan kebijakan persediaan yang dilakukan, total biaya persediaan untuk teh prioritas I mengalami penurunan dari biaya persediaan kondisi eksisting sebesar 3%. Sedangkan untuk teh prioritas II mengalami penurunan dari biaya persediaan kondisi eksisting sebesar 40%.

Dari hasil tersebut diperlukan penerapan kebijakan teh celup di PT XYZ dan juga selanjutnya dilakukan perhitungan baku disetiap tahunnya sehingga stockout dapat dikurangi dan biaya kekurangan tidak muncul lagi disetiap bulannya.


Keywords – Inventory, Lost sales, Stockout, Continuous Review (s,S), Continuous Review (s,Q).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0