Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada Cafe Coffee Di Bandung (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Morning Glory Coffee)

Authors

  • Desi Asri Shaputri Telkom University
  • Muhammad Sufyan Abdurrahman Telkom University

Abstract

ABSTRAK
Dengan kemajuan zaman yang terus berkembang, maka kualitas suatu produk atau jasa dalam bekerja bukan menjadi satu-satunya faktor kesuksesan dalam dunia bisnis tetapi keahlian suatu perusahaan dalam melakukan promosi dapat menjadi salah satu kunci sukses. Persaingan pada dunia bisnis coffee shop di Kota Bandung memiliki kondisi yang ketat karena terjadi peningkatan masyarakat dalam mengonsumsi kopi. Maka setiap coffee shop harus dapat menciptakan strategi-strategi komunikasi dalam memasarkan perusahaannya secara matang dan terencana agar terhindar dari kerugian. Morning Glory Coffee Setrasari merupakan salah satu pioneer coffee shop di Bandung yang sudah berdiri pada tahun 2006 dan berupaya dalam meningkatkan loyalitas konsumen untuk kelangsungan hidup perusahaan, salah satunya adalah dengan cara mengatur strategi komunikasi pemasaran dengan tepat dan efektif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh Morning Glory Coffee Setrasari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan cara mengumpulkan data-data yang bersifat fakta berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi dan wawancara dengan founder dan business development Morning Glory Coffee disertai dengan 2 konsumen dan 1 informan ahli untuk melengkapi data.
Peneliti menarik kesimpulan bahwa Morning Glory Coffee sudah dapat meningkatkan loyalitas konsumen dengan program komunikasi pemasaran yang dijalankan yaitu advertising, sales promotion, event and experience, direct marketing, WOMM dan personal selling dan mampu memanfaatkan berbagai macam media promosi baik secara online atau offline dengan konten atau pesan yang disampaikan secara kreatif tetapi belum dapat menjangkau khalayak yang luas dengan intensitas yang tinggi.
Kata kunci: Strategi Komunikasi pemasaran, Loyalitas Konsumen, Media Sosial, Instagram
ABSTRACT
The development of the current era, the quality of a product or service is not only the factor of success in the business world but the expertise of a company in promoting can be one of the keys of success. Nowadays, the competition in the coffee shop business becomes tight because there is an increase in coffee consuming coffee in the society. So every coffee shop must be able to create a communication strategies in marketing the company carefully and planned to avoid losses.Morning Glory Coffee Setrasari is one of the pioneer coffee shop in Bandung that was established since 2006 and strive to increase consumer loyalty for the survival of the coffee shop, one of the way is to set the marketing communications strategies appropriately and effectively. This research purpose to explore and analyze the planning, implementation and evaluation conducted by Morning Glory Coffee Setrasari. This research use descriptive qualitative method by collecting factual data based on observations, documentation studies and interviews with the founder and business development of Morning Glory Coffee and also with 2 consumers and 1 marketing expert to complite the data. The writer concludes that Morning Glory Coffee Setrasari has been able to increase consumer loyalty with marketing communication programs through advertising, sales promotion, event and experience, direct marketing, WOMM and personal selling that are carried out to increase the loyalty of customer and also able to utilize various kinds of promotional media both online and offline with the content or messages delivered creatively but not able yet to reach a board audience with a high intensity.

Key Words: Marketing Communication Strategy, Customer Loyalty, Social Media, Instagram

Downloads

Published

2019-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi