Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Indihome Pada Pt. Telkom Indonesia (Studi Kasus Pada Pt. Telkom Witel Jakarta Timur)

Authors

  • Syarifah Nurhaliza Bintani Telkom University
  • Reni Nuraeni Telkom University

Abstract

Abstrak Pada saat ini banyak pelaku bisnis atau perusahaan yang melakukan promosi dengan strategi yang menarik yaitu menggunakan strategi komunikasi pemasaran. Strategi komunikasi pemasaran ini juga digunakan oleh PT. Telkom Indonesia WITEL Jakarta Timur.. Wilayah usaha Jakarta Timur memiliki pendapatan yang tinggi dibanding dengan wilayah usaha lainnya. Beberapa layanan yang tersedia yaitu pengajuan jaringan internet Telkom, Telkom IndiHome, jaringan tv kabel dan pemasangan jaringan telepon. IndiHome merupakan layanan triple play yang terdiri dari internet fiber berkecepatan tinggi, IPTV, dan telepon rumah yang tersebar di lebih dari 160 kota di seluruh Indonesia. Walaupun demikian, Indihome PT Telkom Witel Jakarta Timur terus mengalami kenaikan pemutusan layanan indihome yang dilakukan oleh para pelanggan. Tujuan dari penelitian ini pun ingin mengetahui langkah yang dilakukan perusahaan dalam melakukan komunikasi pemasaran mulai dari perencanaan,pelaksanaan hingga evaluasi yang dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan Kualitatif deskriptif dengan paradigm kontruktivisme dimana paradigm ini melihat bagaimana setiap orang pada dasarnya memiliki pemikiran dan bisa mengkonstruksi hubungan tersebut yang tentu melibatkan emosi atau pengalaman hidup personal. Hasil dari penelitian ini pun mendapatkan bahwa langkah perencanaan dan juga pelaksanaan sudah dilaksanakan dengan baik oleh Indihome PT. Telkom Witel Jakarta Timur tetapi pada bagian langkah evaluasi Indihome PT. Telkom Witel Jakarta Timur masih kurang dalam melakukan perbaikan sehingga keluhan pun masih terus disampaikan oleh para pelanggan yang berakibat pemutusan layanan indihome.

Kata Kunci: Strategi komunikasi pemasaran, Produk Indihome, keluhan pelanggan
ABSTRACT

At this time many business people or companies are promoting with an interesting strategy, namely using marketing communication strategies. This marketing communication strategy is also used by PT. Telkom Indonesia WITEL East Jakarta .. The East Jakarta business area has a high income compared to other business areas. Some of the services available are the submission of Telkom internet network, Telkom Indome, cable tv network and telephone network installation. IndiHome is a triple play service consisting of high-speed fiber internet, IPTV, and home phones that are spread in more than 160 cities throughout Indonesia. Even so, Indihome PT Telkom Witel East Jakarta continues to experience an increase in private services made by customers. The purpose of this study also wants to know the steps taken by the company in conducting marketing communications from planning, implementation to evaluation. This research method uses descriptive qualitative with the paradigm of constructivism where the paradigm looks at how each person basically has thoughts and can construct those relationships which certainly involve emotions or personal life experiences. The results of this study also found that the planning and implementation steps were well implemented by Indihome PT. Telkom Witel East Jakarta but in the evaluation section of Indihome PT. East Jakarta Telkom Witel is still lacking in making improvements so that complaints are still being conveyed by customers which results in termination of indihome services. .

Keywords: marketing strategy, Indihome product, customer complain

Downloads

Published

2019-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi