Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Tugas Akhir (Survei Terhadap Followers @Ta_Feb)

Yoga Maulana Putra, Listyo Dwi Harsono

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh elemen – elemen penggunaan media sosial Twitter yaitu Context, Communication,  Collaboration,  dan Connection terhadap pemenuhan kebutuhan informasi tugas akhir  (survey  terhadap  followers  @TA_FEB).  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  kuantitatif melalui pengujian hipotesis secara simultan berdasarkan regresi linier sederhana. Data primer pada penelitian ini diambil  melalui  penyebaran  kuesioner  kepada  330  responden  followers  @TA_FEB.  Data  sekunder  pada penelitian ini diperoleh dari literatur serta dokumen yang relevan dengan judul dan tema. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode convinience sampling.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa responden memberikan respon yang baik terhadap penggunaan  media  sosial  Twitter  @TA_FEB.  Responden  dalam  penelitian  ini juga  merespon  baik  terhadap pemenuhan   kebutuhan   informasi   tugas   akhir.       Berdasarkan    hasil   perhitungan    koefisien   determinasi menunjukkan  bahwa  nilai  koefisien  determinasi  menjelaskan  adanya  hubungan  yang  kuat  antara  variabel Context, Communication,  Collaboration,  dan Connection terhadap pemenuhan kebutuhan informasi tugas akhir yaitu sebesar 56.7% sedangkan  sisanya 43.3% dipengaruhi  faktor-faktor  lain yang   tidak diteliti oleh penulis seperti word of mouth. Sementara dengan hasil uji simultan diketahui bahwa Context, Communication, Collaboration,  dan Connection  secara  bersama-sama  (simultan)  berpengaruh  terhadap  pemenuhan  kebutuhan informasi tugas akhir. Kata kunci : Media Sosial, Twitter, pemenuhan kebutuhan informasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0