Motif Penggunaan Media Streaming Joox (studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Joox)

Authors

  • Alif Kurniansyah Telkomuniversity
  • Ruth Mei Ulina Malau Telkomuniversity

Abstract

ABSTRAK Media baru dan teknologi yang tidak berhenti berkembang terus hadir dengan beragam bentuk serta fiturnya, terutama pada ranah hiburan, media baru yang bermunculan seperti media streaming baik dalam konten berupa video atau audio menjadi sebuah media yang digunakan secara rutin oleh masyarakat dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Salah satu media baru yang menjadi media utama yang digunakan oleh masyarakat adalah media baru streaming musik, diantaranya adalah JOOX. Dalam penggunaannya pun setiap pengguna memiliki alasan serta motif yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif apa saja yang dimiliki oleh penguna ketika menggunakan media streaming JOOX.. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif yang dikaji secara kualitatif dengan mewawancara dua belas narasumber yang dipilih secara acak yang sudah melalui tahap riset, yang kemudian akan dilakukan wawancara terstruktur secara mendalam mengenai berbagai alasan, penyebab, dan motif apa saja yang dimiliki dalam menggunakan JOOX. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, motif yang muncul dalam penggunaan media streaming JOOX adalah Motif Hiburan, Motif Informasi dan Motif Integrasi dan Interaksi sosial, dimana Motif Hiburan sangat sesuai dengan peran JOOX yang hadir untuk memenuhi kebutuhan hiburan, Motif Informasi muncul dikarenakan fitur tambahan yang diberikan oleh JOOX tidak hanya berupa konten musik, melainkan adanya fitur seperti berita atau updates, kemudian Motif Integrasi dan Interaksi sosial juga muncul terutama pada pengguna yang memiliki peran sebagai pelaku industri kreatif, untuk mengetahui selera dari individu lainnya.

Kata kunci: Motif, Media Baru, JOOX ABSTRACT

New media and technology keeps on evolving each day, and always comes up with their own uniqueness on its form and features, especially in the entertainment industry, various new media like streaming services has become the most used new media by the people to acompany their daily activities. One of the new media that has been the "main" media used by the mass is music streaming services, like JOOX. Every person has it's own reason behind using the new media like JOOX, and they're always have their own motives.

The method that being used in this study is descriptive case study, which was assessed qualitatively by interviewing four interviewees that been chosen through the pre-research step, then the interviewees will be structurely interviewed in depth on what reasons or motives they had when using JOOX. Based on the results of this research data, the motives that shown up in using new media like JOOX is Entertainment Motive and Information Motive, one of the motives that shows up is relatively reasonable because JOOX's main goal is to fullfill the mass' Entertainment needs. Information motives also shows up because of JOOX's additional features that gives the users some other experiences and giving them other features like news or updates, Social Interaction and Integration Motive is also shows
ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.7, No.1 April 2020 | Page 1703


up, especially from those informant that also have a role of music industry workers, this motive is being used to know other's personal preference and taste in the music industry.


Keywords: Motives, New Media, JOOX

Downloads

Published

2020-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi