ANALISIS INTELLECTUAL CAPITAL DENGAN METODE VALUE ADDED INTELLECTUAL COEFFICIENT (VAICTM) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

Neri Febriarna, Leny Suzan

Abstract

Kemakmuran masyarakat dapat dicerminkan dari keaktifannya melakukan perdagangan dan menjadi tolak ukur tingkat perekonomian suatu negara, dapat dilihat dari perkembangan neraca perdagangan. tetapi pada tahun 2018 terjadi defisit pada neraca perdagangan Indonesia karena kegiatan impor meningkat dan melebihi peningkatan ekspor yang menyebabkan. Selain itu, defisit terjadi karena tidak kuatnya persaingan produksi yang dilakukan sehingga dibutuhkannya pengetahuan untuk dapat meningkatkan keunggulan kompetitif. Salah satu pendekatannya adalah intellectual capital. Variabel independen dalam penelitian ini adalah VACA, VAHU, STVA. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah perusahaan Perdagangan Besar Barang Produksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 21 perusahaan dengan periode penelitian selama 4 tahun sehingga didapat 84 data observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi data panel dan menggunakan aplikasi Eviews 9.0. Berdasarkan hasil pengujian, secara simultan menunjukkan intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Secara parsial menunjukkan Value Added Capital Employed (VACA) berpengaruh negatif signifikan terhadap Return On Asset (ROA. Variabel Value Added Human Capital (VAHU) berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Variabel Structural Capital Value Added (STVA) berpengaruh negatif signifikan terhadap Return On Asset (ROA)

Kata Kunci: Return On Assets (ROA), Structural Capital Value Added (STVA); Value Added Human Capital (VAHU); Value Added Capital Employed (VACA)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0