Pengaruh Foreign Investors' Interests Dengan Variabel Kontrol Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Tax Avoidance (studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (bei) Periode 2010-2015)

Andaru Andikaningprang, Dudi Pratomo, Kurnia Kurnia

Abstract

Tax avoidance atau penghindaran pajak merupakan usaha yang dilakukan secara legal dengan memanfaatkan celah yang terdapat dalam peraturan perpajakan yang ada untuk menghindari pembayaran pajak atau melakukan transaksi yang tidak memiliki tujuan selain untuk menghindari pajak. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan foreign investors’ interests, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap tax avoidance pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2015. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2010-2015. Sampel yang digunakan sebanyak tiga belas perusahaan dengan kurun waktu enam tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara parsial foreign investors’ interests, ukuran perusahaan, dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance sedangkan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance. Pada pengujian secara simultan, foreign investors’ interests, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.
Kata kunci: Tax Avoidance, Foreign Investors’ Interests, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0