Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Pasien Demensia Dalam Proses Rehabilitasi Di Rumah Sakit Jiwa Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor

Authors

  • Raihan Azmi Telkom University
  • Abdul Fadli K Telkom University

Abstract

Abstrak  
Rumah sakit jiwa Marzoeki Mahdi Bogor adalah rumah sakit rujukan nasional dalam penanganan jiwa, dalam penanganan  kesehatan jiwa rumah sakit ini  juga merehabilitasi pasien dengan panyakit demensia. Demensia adalah suatu  penyakit yang menyerang fungsi di otak yang menyebabkan seseorang menjadi pikun atau  penurunan daya ingat. Setiap tahunnya penderita demensia meningkat dikarenakan pada saat ini indonesia dalam periode aging yang dimana terjadi peningkatan umur harapan hidup yang diikuti dengan peningkatan jumlah lansia. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan serta bentuk komunikasi terapeutik yang dilakukan oleh perawat kepada pasien demensia dalam proses rehabilitasi. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada beberapa perawat yang bekerja pada ruangan khusus lansia yang mederita gangguan jiwa yaitu ruangan  Saraswati. Hasil penelitian ini adalah komunikasi terapeutik yang diterapkan yaitu fase pra interaksi, fase orientasi, dan fase kerja. Bentuk komunikasi yang sering digunakan adalah bentuk komunikasi verbal atau pun komunikasi non verbal. Untuk komunikasi verbal perawat lebih menggunakan bahasa yang jelas, pertanyan dasar secara berulang dengan dibantu dengan komunikasi non verbal yaitu dengan sentuhan dan simbol simbol tertentu agar pasien demensia dapan mengerti pesan yang disampaikan oleh perawat.
Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Demensia  
Abstract
Marzoeki Mahdi Psychiatric hospital is a nasional referral hospital in mental management, in handling mental health, this hospital also reahabilitates patients with dementia deseases. Dementia is a disease that attacks functions in the brain that cause a person to become senile or memory impairment. Every year, people with dementia are increasing because Indonesia is currently in an aging period where there is an increase in life expectancy followed by an increase in the number of elderly people. Therefore, this study aims to determine the application and forms of therapeutic communication carried out by nurses to dementia patients in the rehabilitation process. This study uses a qualitative research method with a case study approach. The data collection technique was done by interviewing several nurses who worked in a special room for the elderly with mental disorders, namely the Saraswati room. The result of this research is the applied therapeutic communication, namely the pre-interaction phase, the orientation phase, and the work phase. Communication that is often used is verbal communication or non-verbal communication. In verbal communication nurses use clear language, basic questions are repeatedly assisted by non-verbal communication, namely by touching and certain symbols so that dementia patients can understand the message conveyed by the nurse.
Keywords: therapeutic communication, Dementia

Downloads

Published

2021-06-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi