Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Bogor

Authors

  • Aditia Firmanto Telkom University
  • Anita Silvianita Telkom University

Abstract

Abstract
Bogor District Communication and Informatics Office is an institution responsible for the field of communication data and informatics in bogor city area. Related to its work, institutions need to create motivation and a good work environment to improve human resource performance, this aims to be able to carry out work activities in accordance with the goals that have been set. Therefore, the purpose of this study is to find out and analyze the influence of work motivation and work environment on the performance of employees of the Bogor district communication and informatics office. The method used in this study is a quantitative approach, which in its primary data collection is carried out by sampling techniques saturated with a sample number of 30 civil servants of bogor district communication and informatics office. Next, the data is then analyzed using descriptive analysis and multiple linear regressions. The results of this study showed that work motivation and work environment were in the good category with an average descriptive analysis result of 83% for work motivation variables and 78% for work environment variables, and employee performance in the high category by getting descriptive analysis result 81.7%. Partially work motivation affects employee performance by 12.7% and the work environment affects employee performance by 50.5%. Simultaneously work motivation variables and work environments affected performance by 63.2%.
Keywords: Employee Performance; Work environment; Motivation for work

Abstrak
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor merupakan institusi yang bertanggung jawab mengenai bidang data komunikasi dan informatika daerah kota Bogor. Terkait dengan pekerjaannya, maka institusi perlu untuk menciptakan motivasi dan lingkungan kerja yang baik untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia hal ini bertujuan untuk dapat melaksanakan kegiatan pekerjaan sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dinas komunikasi dan informatika kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yang dalam pengumpulan datanya primernya dilakukan dengan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 30 karyawan PNS dinas komunikasi dan informatika kabupaten Bogor. Selanjutnya, kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja dan lingkungan kerja berada pada kategori baik dengan hasil rata-rata analisis deskriptif sebesar 83% untuk variabel motivasi kerja dan sebesar 78% untuk variabel lingkungan kerja, dan kinerja karyawan pada kategori tinggi dengan mendapatkan hasil analisis deskriptif sebesar 81,7%. secara parsial motivasi kerja mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 12,7% dan lingkungan kerja mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 50,5%. Secara simultan variabel motivasi kerja dan lingkungan kerja mempengaruhi kinerja sebesar 63,2%.
Kata Kunci: Kinerja Karyawan; Lingkungan Kerja; Motivasi Kerja

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Administrasi Bisnis