Pengaruh Debt To Equity Ratio, Profitabilitas, Growth, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2013)

Anggun Putri Nidya, Farida Titik

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh debt to equity ratio, profitabilitas,  growth, dan ukuran perusahaan  terhadap  kebijakan  dividen pada perusahaan  manufaktur  yang terdaftar  di BEI pada tahun 2010- 2013. Indikator yang digunakan  dalam penelitian  ini yaitu, rasio debt to equity ratio (DER), rasio return on asset  (ROA),  sales  growth  (GROWTH),  logaritma  natural  total  asset  (SIZE),  dan  dividend  payout  ratio (DPR).

Penelitian   ini  menggunakan   metode   deskriptif   verifikatif   yang   bersifat   kausal.   Populasi   dalam penelitian   ini   adalah   perusahaan   manufaktur   yang   terdaftar   di  BEI   tahun   2010-2013.   Penelitian   ini menggunakan  sampel sebanyak 34 perusahaan  berdasarkan  metode purposive  sampling.  Teknik analisis  data menggunakan model regresi linier berganda.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  varibel  debt  to equity  ratio,  profitabilitas,  growth,  dan ukuran perusahaan  berpengaruh  signifikan secara simultan terhadap kebijakan dividen. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan  bahwa  variabel  debt to equity  ratio, profitabilitas,    dan ukuran  perusahaan  tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen, sedangkan varibel growth berpengaruh terhadap kebijakan dividen. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0