Pengaruh Cash Position, Debt To Equity Ratio, Return On Asset Dan Earing Per Share Terhadap Dividend Payout Ratio Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Tergabung Dalam Index Kompas-100 Tahun 2010-2013)

Dyan Putri Aryani, Farida Titik

Abstract

Dividen Payout Ratio lebih menggambarkan perilaku oportunistik manajerial yaitu dengan melihat berapa besar keuntungan yang dibagikan kepada shareholders sebagai dividen   dan berapa yang disimpan di perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  cash position, debt to equity ratio, return on asset dan earning per share terhadap dividen payout ratio pada perusahaan yang tergabung dalam index kompas-100 pada tahun 2010 sampai dengan 2013. Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif verikatif bersifat kausalitas. Metode pemilihan sampel adalah metode purposive sampling yaitu sebanyak 16 perusahaan tahun 2010-2013. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data panel.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Random Effect. Hasil analisis data panel menunjukkan bahwa seluruh variabel independen yaitu cash position, debt to equity ratio, return on asset dan earning per share secara simultan mempunyai pengaruh terhadap dividen payout ratio. Sedangkan secara parsial hanya cash position dan debt to equity ratio yang memiliki pengaruh terhadap dividen payout ratio.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0