Pengaruh Likuiditas Perdagangan Saham Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Indeks Saham Syariah Indonesia (issi) Di Bursa Efek Indonesia (bei) Periode 2011-2015

Oni Ade Mahendra, Irni Yunita, Tieka Trikartika Gustyana

Abstract

Pasar modal memegang peran kunci bagi kemajuan ekonomi suatu negara. Di Bursa Efek Indonesia pada pasar modal syariah, terdapat dua indeks saham syariah, yaitu Jakarta Islamic Index (JII) dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Seiring dengan perkembangan perekonomian dan teknologi yang terjadi, akan mengakibatkan semakin tajamnya tingkat persaingan perusahaan. Maka dari itu, agar emiten dapat bersaing, diperlukan strategi manajemen dana agar dapat mempertahankan tingkat return saham.

 Peneltian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah terdapat pengaruh antara likuiditas perdagangan saham dan profitabilitas terhadap return saham pada ISSI di BEI periode 2011-2015 secara parsial ataupun simultan. Dengan mengambil populasi saham  ISSI sebanyak 315 emiten, dengan kriteria purposive & judgement sampling yang telah ditetapkan didapatkan 26 perusahaan yang dijadikan sampel.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ROA memiliki nilai signifikansi 0.3004 atau lebih besar dari α 0.05 yang berarti bahwa ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap return, ROE dengan signifikansi 0.0298 atau lebih kecil dari α 0.05 yang berarti bahwa ROE berpengaruh signifikan terhadap return, Bid Ask Spread dengan nilai signifikansi 0.0462 atau lebih kecil dari α 0.05 yang berarti bahwa Bid Ask Spread berpengaruh signifikan terhadap return. Kemudian secara simultan ROA, ROE dan Bid Ask Spread berpengaruh signifikan terhadap return.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0