Penerapan Du Pont System Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Perbankan Go Public Yang Terdaftar Di Bei (periode Tahun 2012-2013)

Authors

  • Gian Darmawan Suryajaya Telkom University
  • Arlin Ferlina Telkom University

Abstract

Kinerja keuangan merupakan salah satu elemen paling vital dalam perusahaan, sebuah perusahaan akan tumbuh dan berkembang saat memiliki kinerja keuangan yang baik. Menurut laporan bappenas ditahun 2013 sektor perbankan setidaknya menguasai (mengelola) 78,5% dari total keuangan yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meihat perusahaan perbankan Go Public mana yang memiliki kinerja keuangan terbaik dengan metode Du Pont System Analysis dan rasio-rasio yang tercakup didalamnya. Dengan teknik analisis ini dimungkinkan untuk mengetahui tingkat profitabilitas dan aktivitas perusahaan karena bersifat menyeluruh, Du Pont Analysis ini mencakup perhitungan Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turnover (TATO), Return On Assets (ROA), Financial Laverage Multiplier (FLM) dan Return On Equity (ROE). Berdasarkan hasil penelitian ini PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk merupakan perusahaan perbankan Go Public di Bursa Efek Indonesia yang memiliki rata-rata kinerja keuangan terbaik selama periode tahun 2012-2013.

Kata kunci : Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turnover (TATO), Return On Assets (ROA), Financial Laverage Multiplier (FLM) dan Return On Equity (ROE)

Downloads

Published

2015-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Administrasi Bisnis