Strategi Event Management Telkomsel Siaga NARU 2022 "Satukan Semangat, Bangkit Lebih Kuat" Area 2 Bogor

Authors

  • Amandira Maharani Prasanti Telkom University
  • Indria Angga Dianita Telkom University
  • Aiza Nabila Arifputri Telkom University

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui event manajemen mengenai manajemen event Telkomsel Siaga NARU 2022 Area 2 Bogor, yang telah diselenggarakan oleh Telkomsel khususnya divisi Internal Corporate Event yang dibantu oleh Trojan Event Organizer sebagai mitra. Telkomsel Siaga NARU 2022 diadakan sebagai adaptasi pelaksanaan event untuk program CSR dalam menyambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Dengan menggunakan tahapan event manajemen Goldblatt (2013) yaitu riset, desain, perencanaan, koordinasi, dan evaluasi.
Melalui pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dapat menghasilkan pernyatan sebagaoi berikuty: 1) Riset, tahap dimana ketentuan manajemen harus diikuti dan pesan yang harus disampaikan, dengan berbagai riset baik mikro atau makro. 2) Desain, <Kasih Tanpa Batas= sebagai konsep utama turunan dari tagline acara. 3) Perencanaan, melakukan survey untuk semua keperluan, membuat perencanaan sebelum event, membuat rundown pelaksanaan event, dan menyesuaikan bentuk event dikota selanjutnya. 4) Koordinasi, komunikasi yang lancar baik vertikal atau horizontal, pemberlakuan jobdesc, dan tanggung jawab atas pelaksanaan event. 5) Evaluasi, melakukan evaluasi untuk dapat melakukan event selanjutnya dengan lebih baik dan sempurna. Peneliti menemukan temuan baru atas teori Goldblatt dari wawancara dengan informan baik kunci pertama atau pendukung. Menurutnya, pada tahap riset harus melakukan penyesuaian dengan ketentuan manajemen agar dapat melaksanakan event disebuah korporasi.


Kata Kunci-Event manajemen, Program CSR, Telkomsel, Teori Goldblatt

References

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Goldblatt, J. J. (2013). Special Events: Creating and Sustaining a New World for Celebration, 7th Edition (7th editio). John Wiley & Sons, Inc.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Kholik, A., Aisyah, ;, Ramadhani, N., Dinda, ;, Rowi, A., Mega, ;, & Ramadhany, A. (2020). Special Event Management Dalam Membangun Social Identity. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 217-226.

Kotler, P., & Lee, N. (2005). Corporate Social Responbility

Noor, A. (2009). Management Event. Alfabeta.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis (4th ed.). Salemba Medika.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D KUANTITATIF (Vol. 19). ALFA BETA, CV. Telkomsel. (n.d.). Telkomsel Siaga #SambungkanSenyuman untuk Semangat Kebaikan di Momen Ramadan dan Idul Fitri 1443 H. https://www.telkomsel.com/about-us/news/telkomsel-siaga-sambungkansenyuman-untuksemangat-kebaikan-di-momen-ramadan-dan-idul

Vicenovie, I. (2016). Corporate Social Responbility

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi