Strategi Pengemasan Program Radio dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Informasi serta Hiburan Masyarakat di Era Digital

Authors

  • Maheswara Sulistyo Utomo Telkom University
  • Adrio Kusmareza Adim Telkom University

Abstract

Radio merupakan media massa yang masih hadir bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi ataupun hiburan. Namun, eksistensi radio kian terkikis akibat kehadiran media baru. Konsep inovatif bisa menjadi solusi bagi radio untuk bertahan, terutama dari sisi program yang ditawarkan. Strategi pengemasan program yang tepat dapat menjadi suatu hal yang penting untuk tetap menjaga ketertarikan dan loyalitas dari para pendengar radio. Bermula dari tekad untuk memberikan pilihan serta meningkatkan kembali daya tarik radio yang siap bersaing dengan media lain, radio Urban 8URang BANdung9 hadir sebagai radio masif dan berfokus pada generasi pop anak muda/generasi muda. Konsep menghibur menjadi penawaran melalui program yang dihadirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengemasan program dalam menjadi sumber informasi serta hiburan di era digital melihat dari program <Happy Pagi=. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan paradigma kontruktivisme serta pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi pengemasan program radio yang dilakukan program <Happy Pagi= dapat memenuhi kebutuhan informasi dan hiburan dengan berbagai konten yang dihadirkan. Program tersebut juga aktif dalam sosial media dan peran penyiar dalam membawakan program serta komunitas khusus yang dibuat membentuk loyalitas bagi para pendengar sehingga menjadi program unggulan di Urban radio.


Kata Kunci-Radio, Program, Informasi, Hiburan, Digital

References

Abidin, M. (2022). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response (SOR) DALAM meningkatkan kualitas pembelajaran. Nivedana: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 3(1), 47-59.

Emilsyah, N. (2021). PERAN MEDIA MASSA DALAM MENGHADAPI SERBUAN MEDIA ONLINE THE ROLE OF MASS MEDIA IN FACING ONLINE MEDIA ATTACKS.

Farida, N., Purwitasari, E., & Taufik, I. (2022). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI SUBSCRIBERS PADA CHANNEL YOUTUBE OTOMOTIF RIDWAN HANIF. Broadcasting Communication, 4(1).

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif.

Hendra, T. (2019). Media Massa Dalam Komunikasi Pembangunan. JURNAL AT-TAGHYIR: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa

Ikhwan, M. (2022). MANAJEMEN MEDIA KONTEMPORER (Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital).

Miranda, P., & Yuliati, R. (2020). Keunikan karakteristik radio: Daya tarik bagi khalayak dalam mendengarkan radio. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 3.

Morissan. (2011). Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio & Televisi. Kencana Prenada Media Group.

Morissan. (2013). TEORI KOMUNIKASI INDIVIDU HINGGA MASSA.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif.

Ningsih, T. A. (2016). Proses Produksi Program Siaran "Salam Karimun_ pada Radio Azam 103,5 FM Kabupaten

Karimun Kepulauan Riau. Diambil dari: http://repository.uin-suska.ac.id/2664.

Oktavianti, F., & Ratnasari, A. (2018). Prosiding Manajemen Komunikasi Penyajian Program Acara Seoul Time di

Zora Radio Studi Deskriptif Mengenai Tanggapan Anggota Komunitas Hansamo terhadap Penyajian Program Acara

Seoul Time di Zora Radio Presentation Program Events Seoul Time in Zora Radio.

Suryanto. (2017). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi