Pengaruh Kampanye Naik Kereta Aman Dan Sehat Pada Instagram @Keretaapikita Terhadap Kesadaran Penumpang Dalam Menaati Protokol Kesehatan

Penulis

  • Salsabila Nur Izzah Telkom University
  • Sri Dewi Setiawati Telkom University

Abstrak

Kebijakan pemerintah dalam pembatasan aktivitas masyarakat akibat fenomena Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 mengharuskan masyarakat untuk menggunakan teknologi online agar tetap mendapatkan informasi dari luar, salah satunya PT Kereta Api Indonesia yang memanfaatkan kampanye media sosial Branding Kereta Aman dan Sehat di Instagram @keretaapikita sebagai sarana menyampaikan informasi terkait aturan protokol kesehatan untuk meningkatkan kesadaran penumpang tentang pentingnya menjaga kesehatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh pesan kampanye di media sosial @keretaapikita terhadap kesadaran penumpang untuk mematuhi protokol kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 99 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan uji T. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Vanus terkait komponen isi pesan (verbalisasi, visualisasi, himabauan, humor, dan pendekatan kelompok rujukan) dan teori Sciffman & Wisenblit terkait komponen sikap (kognitif, afektif, dan konitif). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengaruh kampanye dan kesadaran penumpang PT Kereta Api Indonesia dengan indikator himbauan memiliki pengaruh yang paling besar dalam mempengaruhi sikap kognitif sehingga meningkatkan kesadaran penumpang terkait menjaga kesehatan.

Kata kunci-kampanye humas, media sosial, protokol Kesehatan

Referensi

Ardy, G. Des, & Natalia, E. C. (2022). Pengaruh Kampanye PR Gojek #PesanDariRumah terhadap Kesadaran Konsumen dalam Menaati Protokol Gojek J3K. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(02), 192-206.

https://doi.org/10.46937/20202240791

Febriyanti, N., Primadani, B., & Putri, S. (2021). ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DI MASA PANDEMI COVID-19 PERIODE APRIL-MARET 2021 ANALYSIS OF PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) MARKETING COMMUNICATION MIX DURING THE COVID-19 PANDEMIC PERIOD APRIL-MARCH 2021.

Kadek Claria, D. A., & Sariani, N. K. (2020). Metode Komunikasi Persuasif untuk Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Masyarakat di Desa Kesiman Kertalangu pada Masa Pandemi Covid-19. Linguistic Community Services Journal, 1(1), 1- 8. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.1.2281.1-8

Larasati Fitriansyah, S., Junita Triwardhani Prodi Manajemen Komunikasi, I., & Ilmu Komunikasi, F. (2021).

Prosiding Manajemen Komunikasi Pengaruh Pesan Kampanye

Imun Tubuh= Melalui Instagram terhadap Sikap Publik. https://doi.org/10.29313/.v7i1.25330

Mutma, F. S., Dyanasari, R., Sholihah, K., Komunikasi, S., Humaniora, F., & Jaya, U.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Digital Public Relations