Pengaruh Capital Adequacy Ratio (car), Beban Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (bopo), Dan Loan To Deposit Ratio (ldr) Terhadap Kinerja Perbankan (studi Kasus Pada Bank Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014)

Authors

  • Muhammad Aris Alim Alwi Telkom University
  • Khairunnisa Khairunnisa Telkom University

Abstract

Kinerja perbankan Indonesia setiap tahunnya berada dalam situasi yang berbeda. Hal ni disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktorfaktor yang diprediksi mempengaruhi kinerja perbankan yaitu: Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR). Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011 sampai 2014. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 28 bank yang disertakan dengan kurun waktu 5 tahun sehingga didapatlah 140 sampel yang diproses. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan metode Fixed Effect Model (FEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) dan Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA). Secara parsial Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh dengan arah negatif terhadap Return On Assets (ROA), sedangkan Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh dengan arah positif terhadap Return On Assets (ROA).

Kata Kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Return On Assets (ROA).

Downloads

Published

2016-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Akuntansi