Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan Ham Jawa Barat

Triono Prakoso, Yuliani Rachma Putri

Abstract

Abstrak
Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat berada di bawah naungan Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat komunikasi organisasi yang terjadi di dalam Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat, mengukur tingkat motivasi kerja pegawai Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Barat dan mengetahui sejauh mana pengaruh komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja karyawan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif – kausalitas. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling. Dengan jumlah responden sebanyak 120 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara simultan, komunikasi organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Berdasarkan koefisien determinasi komunikasi organisasi memberikan pengaruh 40,2% terhadap motivasi kerja.
Kesimpulan penelitian ini, komunikasi organisasi sudah masuk ke dalam kategori sangat baik dan motivasi kerja karyawan masuk ke dalam kategori tinggi. Namun ada beberapa item yang perlu di perbaiki seperti penyampaian pesan melalui perantara orang lain dan apresiasi terhadap pekerjaan yang telah di lakukan karyawan.
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Motivasi Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0