Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada T-cash Tap Di Kota Bandung

Maisa Mariani Heri, Dinda Amanda Zuliestiana

Abstract

Inovasi berbasis teknologi sudah mulai masuk ke dalam ranah transaksi ekonomi. Seperti halnya PT.Telkomsel, Tbk. Yang turut berinovasi dan memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah keuangan dengan membuat sistem T-Cash Tap. Sistem T-Cash Tap tersebut masih termasuk baru di Kota Bandung sehingga perusahaan harus memperhatikan hal-hal yang dapat meningkatkan penjualan. Hal tersebut bisa diukur dengan marketing mix yang memiliki peranan penting dalam pemasaran yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan marketing mix, keputusan pembelian, dan pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian T-Cash Tap di Kota Bandung.

Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap 100 sampel melalui social media, dan langsung kepada pengguna T-Cash Tap yang ada di Kota Bandung. Dari kuesioner tersebut diperoleh hasil yang valid. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 20.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel marketing mix berada pada kriteria yang kuat dengan ratarata persentase sebesar 76.96%, dimensi terbesar yaitu price sebesar 78.35%. Lalu variabel keputusan pembelian memiliki rata-rata persentase sebesar 78.8% dan berada pada kriteria kuat. 

Penelitian ini dilakukan dengan Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan uji F, Fhitung (26.905) > nilai Ftabel (2.47) dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya secara simultan marketing mix berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian T-Cash Tap di Kota Bandung. Dan nilai koefisien determinasi (r2) yang didapat yaitu sebesar 0.531 atau 53.1% yang dapat diartikan bahwa dimensi pada marketing mix  memberikan pengaruh secara simultan sebesar 53.1% terhadap keputusan pembelian T-Cash Tap di Kota Bandung dan sisanya sebesar 46.9% dipengaruhi oleh variabel lain selain marketing mix.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0