Pengaruh Peran Inspektorat Pembantu Kota Dan Implementasi Good Government Governance Terhadap Pencegahan Kecurangan(Studi Pada Kota Administrasi Jakarta Timur Tahun 2014)

Authors

  • Innosanto Beawiharta Telkom University
  • Sri Rahayu Telkom University

Abstract

ABSTRAK Kecurangan adalah suatu perbuatan melawan atau melanggar hukum yang dilakukan oleh orang-orang dari dalam dan atau luar organisasi dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompoknya yang secara langsung atau tidak langsung merugikan pihak lain. Untuk mencegah atau mengurangi tindakan kecurangan tersebut terutama yang terjadi di pemerintahan maka diperlukan peran Inspektorat Pembantu Kota sebagai fungsi pengawas, dan implementasi good government governance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiseberapa besar pengaruh peran Inspektorat Pembantu Kota dan implementasi good government governance terhadap pencegahan kecurangan. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dengan sampel 30 responden yang bekerja di Inspektorat Pembantu Kota. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, dengan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji hipotesis dan model regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah peran Inspektorat Pembantu Kota dan implementasi good government governance secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap pencegahan kecurangan. Secara parsial, peran Inspektorat Pembantu Kota dan implementasi good government governance memiliki pengaruh signifikan terhadap pencegahan kecurangan. Kata Kunci : Good government governance, Inspektorat Pembantu Kota, Pencegahan kecurangan

 

ABSTRACT Fraud is an act against the law or violated committed by people from within and outside the organization to gain personal advantage or group that may directly or indirectly harm others. To prevent or reduce the amount of fraud that occurs mainly in the government then takes the role of Inspektorat Pembantu Kota as watchdog function, and implementation of good government governance. The purpose of this study isto analyze the effect of Inspektorat Pembantu Kota and implementation of good government governance on fraud prevention. The sampling technique used is saturated sampling using 30 respondens in Inspektorat Pembantu Kota. The data used in this study is primary data. The analythical method used is descriptive statistics, hypothesis testing and multiple linier regression models. The result of this study are simultaneously role of the Inspektorat Pembantu Kota and Implementation of good government governance have significant influence on fraud prevention, while the partial each Role of Inspektorat Pembantu Kota and Implementation of good government governance has significant influence on fraud prevention. Keywords : Fraud Prevention, Good Government Governance, Inspectorate.

Downloads

Published

2014-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Akuntansi