Pengaruh Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan (studi Kasus Pada Bank Bjb Kantor Cabang Utama Jalan Braga Nomor 12 Bandung )

Mochamad Ardiansyah, Djoko Wahyuadi, HA. Romadhon

Abstract

Saat ini kemampuan dalam bersaing global merupakan salah satu elemen paling mendasar untuk menentukan strategi perusahaan. Pengembangan pasar yang semakin kompetitif hari demi hari menyebabkan perusahaan sulit untuk meningkatkan pertumbuhannya dengan cepat. Bank BJB merupakan salah satu bank milih Pemerintah Daerah yang mampu berkembang dengan pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut, Bank BJB menghadapi sejumlah persoalan terkait dengan manajemen sumberdaya yang dimilikinya. Bahwa sumberdaya manusia yang ada di Bank BJB belum mampu memenuhi harapan sebagaimana mestinya. Hal tersebut nampak dari belum optimalnya kinerja pegawai di Bank BJB. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif, analisis deskriptif, analisis vertifikasi dan regresi linear sederhana. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara Teknik non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan Bank BJB Kantor Cabang Utama dan cabang buah batu sebanyak 162 karyawan, dengan cara penyebaran pada bank bjb cabang buah batu dan cabang utama dan melakukan wawancara kepada kepala pimpinan sumber daya manusia pada cabang utama braga, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f,serta analisis Uji Koefisien Determinasi R square dan menggunakan SPSS 23.0 .Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 9,779 + 0,663 X + 0.414, dari variable yang diperoleh dari tabel analisis korelasi maka didapat 0,766 yang termasuk kedalam korelasi kuat. Korelasi yang terjadi adalah korelasi positif, yaitu berada diantara 0,600 – 0,799. dapat disimpulkan bahwa hubungan antara variabel X (Manajemen pengetahuan) dan variabel Y (Kinerja karyawan) secara bersamaan. yang kuat dan dari hasil variabel yang diperoleh tabel diketahui nilai R square sebesar 0,586, dengan demikian, hal ini menunjukkan arti bahwa Manajemen pengetahuan (X) memberikan pengaruh sebesar 58,6% terhadap Kinerja karyawan (Y). Diketahui dari hasil uji statistik diperoleh hasil bahwa manajemen pengetahuan berpengaruh
ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.4, No.3 Desember 2017 | Page 2442




signifikan terhadap variabel Kinerja karyawan. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi manajemen pengetahuan maka akan meningkatkan kinerja karyawan Bank BJB.

Kunci : PENGARUH MANAGMENT PENGETAHUAN, KINERJA KARYAWAN

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0