Pengaruh Ldr, Npl, Car, Nim, Bopo Terhadap Return On Asset (studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012-2015)

Fadhiah Annisa Lubis, Deannes Isynuwardhana, Vaya Juliana

Abstract

Perekonomian global saat ini tidak terlepas dari peranan lembaga keuangan seperti perbankan. Perbankan memberikan manfaat mekanisme alokasi sumber-sumber dana yang efektif dan efisien, perbankan juga menyediakan jasa keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat. Maka dari itu tingkat kesehatan bank harus diperhatikan untuk perekonomian yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan tahunan (laporan keuangan konsolidasi) periode 2012-2015.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh tiga puluh satu bank dengan periode penelitian pada tahun 2012-2015. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 9.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LDR berpengaruh terhadap ROA sebesar -2,60%, NPL berpengaruh terhadap ROA sebesar -23,81%, CAR berpengaruh terhadap ROA sebesar -5,53%, NIM berpengaruh terhadap ROA sebesar 45,94%, BOPO berpengaruh terhadap ROA sebesar -1,00%. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan LDR, NPL, CAR, NIM, BOPO berpengaruh signifikan terhadap ROA. Sedangkan, secara parsial LDR, NPL, CAR, BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA, NIM berperngaruh positif signifikan terhadap ROA.
Kata Kunci : Loan to Deposit Ratio (LDR), Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Return On Asset (ROA)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0