Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (studi Pada Perusahaan Non-keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015)

Novie Purwanty, Willy Sri Yuliandari, Dedik Nur Triyanto

Abstract

Perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya yang berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan kegiatan tanggungjawab sosial dan lingkungan. Dengan adanya kewajiban perusahaan dalam melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility, perusahaan diharapkan mampu dalam melakukan pengungkapan tanggungjawab sosial kepada stakeholder internal dan eksternal perusahaan terkait dengan kinerja pencapaian tujuan keberlangsungan perusahaan. Adanya kerangka konsep pelaporan tanggungjawab sosial dapat digunakan adalah Global Reporting Initiative (GRI) dalam bentuk laporan keberlanjutan. Namun, tidak sedikit perusahaan yang belum melakukan pengungkapan terhadap kegiatan tanggungjawab sosial dalam sebuah laporan keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh struktur kepemilikan institusional, struktur kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Penelitian dilakukan pada perusahaan non-keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan tahunan dan laporan keberlanjutan pada setiap sampel perusahaan di situsnya masing-masing. Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 10 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2015. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan aplikasi Eviews versi 9.0, diperoleh kesimpulan bahwa variabel independen struktur kepemilikan institusional, struktur kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, sedangkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa hanya variabel ukuran perusahaan yang berpengaruh signifikan secara parsial dengan arah positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Kata Kunci: Struktur Kepemilikan Institusional, Struktur Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0