Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keberadaan Risk Management Committee (studi Empiris Pada Perusahaan Rawan Lingkungan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dan Proper Tahun 2009-2013)

Debby Monerza, Nuryantoro Nuryantoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberadaan Risk Management Committee (RMC) dan Separate Risk Management Committee (SRMC). Faktor-faktor ini terdiri dari komisaris independen, risiko pelaporan keuangan, dan ukuran perusahaan. Menurut metode purposive sampling, terdapat 100 sampel untuk diteliti. Hipotesis penelitian diuji dengan cara regresi logistik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komisaris independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap RMC, (2) risiko pelaporan keuagan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keberadaan RMC, (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keberadaan RMC, (4) komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap keberadaan SRMC, (5) risiko pelaporan keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap keberadaan SRMC, (6) ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap keberadaan SRMC, (7) komisaris independen, risiko pelaporan keuangan, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keberadaan RMC, dan (8) komisaris independen, risiko pelaporan keuangan, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keberadaan RMC.

Kata kunci: Risk Management Committee (RMC), Separate Risk Management Committee (SRMC), komisaris independen, risiko pelaporan keuangan, ukuran perusahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0