Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (studi Pada Sub Sektor Perdagangan Besar Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 - 2016)

Amelia Nurhasanah, Leny Suzan, Muhamad Muslih

Abstract

Perusahaan harus mempertimbangkan untuk mengunakan pola manajemen berbasis pengetahuan (knowledge based business) dibandingkan dengan pola manajemen berbasis tenaga kerja (labor based business). Penedekatan yang digunakan dalam penelitian dan pengukuran intangible asset tersebut adalah intellectual capital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan indikator return on asset (ROA) baik secara parsial maupun simultan.Pengkuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pulic berupa value added intellectual capital (VAIC™). Pada VAIC™ memiliki tiga komponen berupa value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), dan structural capital value added (STVA). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif verifiktif kausalitas. Dengan populasi sampel yaitu perusahaan sub sektor perdagangan besar yang listed di Bursa Efek Indonesia. Dengan data penelitian sebanyak 11 perusahaan yang telah dipilih melalui metode pemilihan nonprobability purposive sampling dengan periode 2012 – 2016. Pada penelitian ini digunakan uji statistik deskriptif dan analisis regresi data panel untuk mengetahui gambaran keseluruhan mengenai hubungan antar variabel pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), dan structural capital value added (STVA) bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Secara parsial value added capital employed (VACA), value added human capital (VAHU), dan structural capital value added (STVA) berpengaruh dengan arah positif terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Kata kunci: return on asset (ROA), structural capital value added (STVA), value added capital employed (VACA) dan value added human capital (VAHU)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0