Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Secara Berkelanjutan Di Corporate Governance Perception Index (Cgpi) Periode 2013-2015)

Aldy Darmawan, Deannes Isynuwardhana, Dewa Putra Khrisna Mahardika

Abstract

Abstrak

. Banyak perusahaan besar saat ini yang menjadikan corporate governance sebagai aspek utama dari usaha mencapai tujuan perusahaannya. Selain itu, corporate governance yang baik dari perusahaan bisa dijadikan alat pertimbangan investor dalam mengambil keputusan. Di sisi lain banyaknya permasalahan yang menimbulkan isu-isu lingkungan sebagai akibat kegiatan pembangunan, mendorong diciptakannya industri yang berwawasan lingkungan. Seiring dengan adanya perkembangan CSR, perusahaan mulai menyadari untuk mengungkapkan sebuah laporan yang tidak hanya tentang kondisi keuangan perusahaan saja. Dengan adanya laporan GCG dan CSR perusahaan saat ini, bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan. Objek penelitian yang digunakan adalah pada perusahaan yang terdaftar secara berkelanjutan di Corporate Governance Perception Index periode 2013-2015. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi data yang bersumber pada laporan keberlanjutan dan laporan tahunan yang dipublikasikan melalui The Indonesian Institute For Corporate Governance (IICG). Berdasarkan pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling didapatkan jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 9 perusahaan yang terdaftar secara berkelanjutan di Corporate Governance Perception Index Periode Tahun 2013-2015. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan software Eviews versi 9, secara simultan variabel independen yang terdiri dari Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibilty memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dari segi Return On Assets. Pengujian secara parsial menunjukkan hasil bahwa Good Corporate Governance memiliki pengaruh signifikan kearah positif, sedangkan Corporate Social Responsibilty tidak memiliki pengaruh secara parsial dengan arah negative terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibilty, Kinerja Keuangan Perusahaan, Return On Assets

Abstact Many of today's major corporations make corporate governance a key aspect of their business goals. In addition, good corporate governance of the company can be used as a tool of investor consideration in making decisions. On the other hand, many problems are causing environmental issues as a result of development activities, encouraging the creation of environmentally sound industries. Along with the development of CSR, the company began to realize to reveal a report that is not just about the company's financial condition alone. With the current corporate GCG and CSR report, it can be one of the factors affecting the company's financial performance.
ISSN

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0