Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Manajemen Risiko (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

Authors

  • Arsyil Azhiim Sarwono Telkom University
  • Dini Wahjoe Hapsari Dini Wahjoe Hapsari Telkom University
  • Annisa Nurbaiti Telkom University

Abstract

Abstrak Salah satu faktor informasi yang dibutuhkan oleh para investor adalah mengenai pengungkapan manajemen risiko. Karena saat ini kondisi perusahaan tidak lepas dari risiko. Dengan adanya pengungkapan risiko, para pihak pengguna informasi dapat mengetahui kondisi perusahaan dan apakah risiko tersebut dapat mempengaruhi dana yang mereka investasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan manajemen risiko pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar pada BEI. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 31 perusahaan perbankan dengan periode penelitian pada tahun 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 9.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan manajemen risiko. Sedangkan secara parsial, leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan manajemen risiko. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko.

Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Pengugkapan Manajemen Risiko

Abstract One of the information factors needed by investors is the risk management disclosure. Because the current condition of the company can’t be separated from the risk. As is the disclosure of risk, the users of information can know condition of the company and whether that risk can affect funds they invest. This study aims to examine the influence of profitability, leverage, and firm size to Risk Management Disclosure at banking companies listed in Indonesia Stock Exchange (BEI) year 2012-2016. The data used in this study was obtained annual report. The population in this research are the banking companies listed on the Stock Exchange. Sample selection technique used is purposive sampling and acquired 31 banking companies with the 2012-2016 research period. Methods of data analysis in this research is panel data regression analysis using Eviews software version 9.5. The results showed that simultaneous profitability, leverage, and firm size have a significant effect on risk management disclosure. While partially, leverage and firm size significant positive effect on risk management disclosure. While profitability has no effect on risk management disclosure.

Keyword : Profitability, Leverage, Firm Size, Risk Management Disclosure

Downloads

Published

2018-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Akuntansi