Pengungkapan Laporan Keuangan : Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Leverage Dan Profitabilitas (Survei Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

Hanny Larasati, Leny Suzan, Vaya Juliana Dillak

Abstract

Abstrak Dampak krisis keuangan global pada tahun 2008 mengakibatkan para investor dan kreditor berhati-hati dalam menanamkan modalnya pada suatu perusahaan demi mengantisipasi risiko yang akan terjadi. Maka dari itu sebelum para investor dan kreditor menanamkan modalnya kepada suatu perusahaan, mereka meneliti laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan untuk mengetahui dan menilai kondisi perusahaan tersebut. Dasar pengambilan keputusan bagi para investor, kreditor dan pengguna informasi lainnya adalah informasi yang disajikan harus dapat dipahami, dipercaya, relevan dan transparan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti mengenai pengungkapan dalam laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Tujuan lainnya adalah untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas, leverage dan profitabilitas terhadap pengungkapan laporan keuangan perusahaan pertambangan. Pengungkapan laporan keuangan diukur dengan menggunakan indeks kelengkapan, variabel ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan rumus log natural atas total asset, variabel likuiditas diukur dengan menggunakan rasio lancar, variabel leverage diukur dengan menggunakan debt equity ratio, dan variable profitabilitas diukur dengan menggunakan return on asset. Populasi yang digunakan adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Berdasarkan purposive sampling diperoleh 13 sampel perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software eviews 10. Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan, likuiditas, leverage, dan profitabilitas berpengaruh secara simultan terhadap pengungkapan laporan keuangan. Variabel ukuran perusahaan, likuiditas, dan leverage secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah yang positif terhadap pengungkapan laporan keuangan. Sedangkan variabel profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan laporan keuangan.

Kata kunci : Pengungkapan Laporan Keuangan; Ukuran Perusahaan; Likuiditas; Leverage; Profitabilitas

Abstract The impact of the global financial crisis in 2008 resulted in investors and creditors being cautious in investing in a company to anticipate the risks that will occur. Therefore, before the investors and creditors invest their money into a company, they examine the company's financial statements and annual reports to find out and assess the condition of the company. The basis of decision-making for investors, creditors and other information users is that the information presented should be understandable, reliable, relevant and transparent. The purpose of this study is to examine the disclosure in the financial report of mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange 2014-2016. Another goal is to conduct research on the effect of firm size, liquidity, leverage and profitability to disclosure of financial report of mining companies. The disclosure of financial report is measured using the completeness index, the firm size variable is measured using the log formula of the total asset, the liquidity variable is measured using the current ratio, the leverage variable is measured using the debt equity ratio, and the profitability variable is measured by using return on asset.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0